10 Orang Napi Rutan Siak yang Kabur Masih Diburu Polisi

Posted by:

Riau Jejaknews – Polisi masih memburu 10 orang narapidana Rutan Klas IIB Siak yang kabur saat kerusuhan terjadi beberapa hari lalu. Awalnya ada ratusan orang yang kabur, namun sebagian besar langsung berhasil ditangkap polisi.

“Hingga hari ini, 10 orang tahanan lagi yang masih dalam pencarian,” ujar Kabid Humas Polda Riau, Kombes Sunarto, Minggu (12/5).

Sementara itu, kata Sunarto, sebanyak 615 orang tahanan dievakuasi ke beberapa rutan yang ada di Riau, termasuk juga di Rutan Sialang Bungkuk Pekanbaru. Rutan Sialang Bungkuk juga memiliki sejarah kelam, karena ratusan napi juga pernah membuat kerusuhan di sana lalu kabur.

“Jadi napi dari Rutan Siak dipindah ke lapas dan rutan lain karena kondisi di sana tidak dapat digunakan setelah kejadian pembakaran,” ujar Sunarto.

Rinciannya, untuk ke Rutan Bangkinang 81 orang, Rutan Anak Pekanbaru 12 orang, Rutan Bengkalis 45 orang, Lapas Klas II A Pekanbaru 26 orang (perempuan), Rutan Dumai 5 orang, Lapas Pekanbaru 181 orang, dan Rutan Sialang Bungkuk Pekanbaru 265 orang.

Namun, ada 33 orang napi Siak yang belum dievakuasi, karena sebagian terluka saat kerusuhan terjadi. Ada 2 orang tengah dirawat di RSUD Siak, di Rutan Polsek Siak 1 orang. Selain iyu, ada 7 napi yang ditahan Polres Siak terkait kasus kerusuhan Rutan tersebut. Serta 9 orang napi yang baru berhasil diamankan dititipkan ke beberapa Polsek terdekat.

“Dari 648 terbagi atas laki-laki dewasa 610, laki-laki anak anak 12 orang dan perempuan sebanyak 26 orang,” jelas Sunarto.

Dari jumlah itu, ada beberapa tahanan yang masih dalam proses penyidikan dan sedang menjalani persidang. Mereka statusnya tahanan titipan polisi dan jaksa.

“Titipan dari Polres Siak 4 orang, titipan jaksa 27 orang, titipan Pengadilan Negeri 116 orang dan titipan Pengadilan Tinggi sebanyak 12 orang. Napi yang melarikan diri, belum diketahui datanya. Sebab file tahanan turut terbakar,” pungkasnya.

(**)/rta

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Comments are closed.