Ada Lagi Wartawan Gadungan Peras Kepala Desa 25 Juta di Sukoharjo Jateng

Posted by:

Solo Jejaknews – Kepala Desa Paluhombo, Bendosari, Sukoharjo, Juwanti (51) nyaris menjadi korban pemerasan wartawan gadungan. Pelaku bernama Yosep Agus yang mengaku reporter Harian Bhayangkara.

Dari informasi yang dihimpun, Yosep meyakinkan calon korban dengan menunjukkan sebuah kartu identitas wartawan yang diterbitkan oleh Penerangan Komando Resor Militer (Korem) 074/Warastratama, 5 Juni lalu.

Kebetulan di saat bersamaan puluhan wartawan juga menggunakan kartu yang sama untuk peliputan kunjungan Presiden Joko Widodo di wilayah Surakarta.

Modus yang digunakan Yosep adalah ijazah palsu yang diduga dimiliki Kades Paluhombo. Untuk memuluskan aksinya, Yosep mendatangi rumah mantan Kades Paluhombo Mulyadi.

Kepadanya, dia minta tolong agar masalah ijazah persamaan SMP palsu tersebut disampaikan ke Juwanti. Belakangan diketahui mantan Kades tersebut masih bersaudara dengan Juwanti.

“Jadi saya diberitahu pak mantan, kalau ada wartawan yang mempermasalahkan ijazah persamaan SMP milik saya. Katanya wartawan Harian Bhayangkara atas nama Yosep Agus. Dan ada juga seorang oknum LSM, tapi saya lupa namanya,” ujar Juwanti, kepada wartawan, Senin (9/9).

Selang beberapa waktu, wartawan gadungan tersebut mendatangi dirinya, baik kantor maupun rumah. Bahkan, pelaku mengancam akan membeberkan informasi tentang penggunaan ijazah palsu tersebut ke publik. Agar tak dipermasalahkan lagi, Yosep meminta Juwanti menyetorkan uang Rp25 juta. Dengan uang tersebut, Juwanti dijanjikan tidak akan diberitakan di media massa.

Atas ancaman tersebut Juwanti mengaku tidak takut. Apalagi dia merasa tak ada masalah dalam ijazah yang dimilikinya.

“Silakan saja kalau mau diberitakan, wong tidak ada yang salah dengan ijazah saya. Karena saya merasa benar, saya sama sekali tidak memberikan uang,” tandasnya.

Juwanti telah meminta perlindungan ke Polsek Bendosari, Sukoharjo. Meski demikian, hingga kini dia belum melaporkan secara resmi kasus pemerasan ke polisi.

**/twk

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Comments are closed.