Belum Lunas Dijual, Polisi Amankan 13 Mobil Kreditan

Posted by:

Tamgerang Jejaknews – –Sebanyak 13 unit mobil berbagai merk yang terkait jaminan fidusia periode Agustus – Nopember 2017 diamankan. Reksrim Polres Tangereng Selatan (Tangsel) mengamankan kendaraan itu.

“Ada 12 pelaku tindak pidana, mereka memindahtangankan jaminan fidusia, menyewakan, mengadaikan bahkan menjual kendaraan roda empat yang masih dalam proses kredit,” kata Kepala Satuan (Kasat) Reskrim Polres Tangsel Ajun Komisaris Polisi (AKP) Alexander Yurikho, Minggu (3/12).

Kendaraan yang ditahan itu, tambah dia, belum dapat menjadi milik secara penuh bagi penerima fidusia berdasarkan dengan Pasal 35 dan Pasal 36 UU RI No. 42 tahun 1999 tentang fidusia. Bahkan, tambah dia, orang yang menerima gadai atau take over pun dapat dipidanakan dengan hukuman yang lebih berat yakni pasal 480 KUHP atau dengan kata lain sebagai penadah kendaraan.

Kasat Reskrim AKP Alexander Yurikho, mengingatkan agar masyarakat berhati-hati dan mewaspadai dalam hal jual beli mobil. Perhatikan STNK, BPKB dan surat lainnya. Jika tidak ada salah satu surat tersebut perlu dipertanyakan.

“Kalau masih dalam masa kredit jelas itu tidak boleh diperjual belikan karena belum menjadi milik pembeli sepenuhnya karena masih ada pemilik lainnya dari lembaga pembiayaan,” tuturnya.

(**)/men

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Comments are closed.