Polsek Menteng Tindak Camden Bar Cikini Gegara Langgar Prokes

Posted by:

Jakarta Jejaknews – Polsek Metro Menteng menindak tegas Camden Bar Cikini. Bar ini kedapatan melanggar protokol kesehatan di masa PSBB terkait pandemi COVID-19.

“Hingga saat ini pihak pemilik, manager dan pelayan Camden Bar masih terus dalam proses penyelidikan Polsek Metro Menteng,” kata Kapolsek Metro Menteng Jakarta Pusat Kompol Iver Son Manossoh kepada wartawan, Selasa (12/1/2021).

Iver menjelaskan kasus ini terungkap pada Minggu (10/1) dini hari sekitar pukul 00.45 WIB. Saat menggelar patroli bersama stakeholder terkait, pihaknya mendapati ada kerumunan di Camden Bar, Cikini, Menteng.

“Kami membubarkan kerumunan pengunjung Camden Bar Menteng karena ditemukan melanggar protokol kesehatan, melanggar ketentuan PSBB Gubernur DKI Jakarta dan melanggar ketentuan dalam UU Kekarantinaan kesehatan yang membahayakan keselamatan masyarakat,” jelas Iver.

“Dalam operasi preventive strike ini, selain ditemukan adanya kerumunan, Camden Bar telah melewati batas waktu operasional,” sambung mantan Wakapolres Pelabuhan Tanjung Priok ini.

Iver menyebut Camden Bar tidak mematuhi penyelenggaraan Kekarantinaan Kesehatan. Ini sebagaimana dimaksud dalam Pasal 9 ayat (1) dan/atau menghalang-halangi penyelenggaraan Kekarantinaan Kesehatan sehingga menyebabkan Kedaruratan Kesehatan Masyarakat, dan/atau; Dengan sengaja tidak menuruti perintah atau permintaan yang dilakukan menurut undang-undang oleh pejabat yang tugasnya mengawasi sesuatu, atau oleh pejabat berdasarkan tugasnya, sebagaimana dimaksud dlm pasal 93 jo. Pasal 9 ayat (1) UU Nomor 6 Tahun 2018 tentang Kekarantinaan Kesehatan, dan/atau Pasal 216 ayat (1) KUHP.

Dari lokasi, polisi menyita sejumlah barang bukti, di antaranya struk pembelian minuman dan makanan, alat penghitung jumlah pengunjung, dan lain-lain. Kerumunan saat kejadian total berjumlah 176 orang juga dibubarkan. Polisi juga mengumpulkan data rekaman CCTV dari lokasi.

Camden Bar sendiri kini telah dipasangi garis polisi. Ivan mengatakan pihaknya akan berkoordinasi dengan pihak terkait untuk menindaklanjuti adanya pelanggaran ini.
Polsek Metro Menteng tindak Camden Bar karena langgar prokes.

“Kami berkoordinasi dengan Satgas Penanganan tingkat Kecamatan Menteng untuk pelaksanaan rapid Antigen terhadap manager dan karyawan Camden Bar. Kami juga berkoordinasi dan gelar perkara dengan melibatkan Satgas Penanganan COVID-19 tingkat Kecamatan Manteng dalam rangka tindak lanjut proses penanganan perkara, juga dengan Dinas Pariwisata DKI Jakarta tentang sanksi terkait perizinan,” jelas Iver.

Kompol Iver Manossoh berharap kasus ini tidak terulang. Dia meminta pemilik usaha lainnya terus mematuhi protokol kesehatan. Jika tidak, pihaknya tidak akan segan-segan melakukan penindakan tegas.

“Kami tidak akan segan-segan menindak tegas pelanggaran terhadap protokol kesehatan. Ini semata-mata demi kebaikan masyarakat, kebaikan kita bersama dalam upaya memutus mata rantai penularan virus COVID-19,” kata Iver.

Iver mengatakan pihaknya akan rutin menggelar patroli bersama stakeholder terkait. Ini untuk memastikan ada-tidaknya kerumunan, juga tempat usaha yang melakukan pelanggaran terhadap ketentuan PSBB, protokol kesehatan serta UU Kekarantinaan Kesehatan.

vvi/rus

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Comments are closed.