Duit Rp601 M Sudah Disetujui, Gedung DPR Masih Oke

Posted by:

Jakarta Jejaknews – Anggaran pembangunan Gedung DPR sudah disahkan sebesar Rp601 miliar. Padahal, gedung yang ada dengan 24 lantai saat ini masih layak dan sama sekali tidak miring seperti yang selalu jadi alasan anggota DPR agar membangun gedung baru.

Berdasarkan pengecekan dan survei yang dilakukan Kementerian PUPR tidak ditemukan
masalah terkait aspek keamanan gedung DPR yang berdiri sejak tahun 1983 itu. Bahkan, dugaan konstruksi gedung sudah miring seperti terisiar selama ini tidak ditemukan.

“Dari berbagai sudut kami ukur tegak. Sementara sih secara struktur kondisi bangunan itu aman memenuhi aspek keamanan,” ucap Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Denis Hidayat Sumadilaga, Jumat (3/11).

Diakui, berdasarkan temuan pada sejumlah fasilitas di gedung 24 lantai itu memang tidak memenuhi persyaratan seperti lift penumpang dan jalur evakuasi. Dari sisi prosedur kelayakan tidak memenuhi persyarakat.

Menurutnya, Permasalahan itu perlu ditindaklanjuti agar tidak membahayakan penghuni di dalam gedung yang setiap hari dipenuhi lalu lalang mencapai 4 ribu orang. “Kami simulasikan kalau jumlah 4 ribu orang itu, lalu kalau misal terjadi kebakaran bagaimana?,” ujar Danis.

Kementerian PUPR bakal menindaklanjuti temuan dari hasil survei dan membahasnya bersama sejumlah pakar sebelum memutuskan apakah DPR perlu gedung baru atau cukup merenovasi gedung yang saat ini digunakan.

“Kalaupun misal direnovasi apakah renovasi akan menambah luas nanti kan akan keluar angkanya berapa meter persegi harusnya ruang kerja anggota DPR, tapi ini laporan pendahuluan. Masih indikasi awalnya,” tukasnya.

eva/vvi

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Comments are closed.