Ketua MPR Bambang Soesatyo Mengungkapkan, Utang Negara Rp 1440

Posted by:

Jakarta Jejaknews – Kondisi keuangan negara yang saat ini tergolong cukup berat, meskipun negara telah berutang hingga Rp1.440 triliun.

Ketua MPR RI Bambang Soesatyo mendorong pemerintah, dalam hal ini Kementerian Keuangan/Kemenkeu, agar dapat melakukan upaya-upaya inovasi dalam menyelamatkan kondisi fiskal di Indonesia.

“Mencari sumber-sumber baru pemasukan negara ketimbang memilih opsi menambah utang, serta menyarankan Kemenkeu melakukan efisiensi anggaran belanja kementerian dan lembaga,” kata Bamsoet, Selasa (16/6/2020).

Terkait itu, Bamsoet juga mendorong pemerintah, dalam hal ini Kemenkeu, untuk melakukan terobosan-terobosan dengan cara-cara yang tidak konvensional, dikarenakan dampak yang ditimbulkan dari kondisi fiskal saat ini dapat berdampak panjang pada kondisi perekonomian negara hingga ke depannya.

“Mendorong pemerintah dapat menjaga pertumbuhan ekonomi dan menggali peluang dari sektor-sektor usaha yang masih bisa tumbuh dan berkembang di era new normal saat ini, seperti mendorong UMKM untuk tetap produktif sehingga dapat menopang ekonomi rakyat,” katanya.

Selain itu, Bamsoet juga mendorong pemerintah berkomitmen dan berupaya untuk tidak mengalihkan beban keuangan negara ke masyarakat, dikarenakan kondisi pandemi covid-19 saat ini sudah cukup berdampak pada hilangnya sebagian besar penghasilan masyarakat.

era/yus

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Comments are closed.