Menhub : Perusahaan Taksi Online Tetap Harus Tunduk Pada Peraturan

Posted by:

Jakarta Jejaknews – Permenhub (PM) 108 akan tetap berlaku, meskipun akan dilakukan revisi di sejumlah pasal. Hal ini dijelaskan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi di kantornya, Senin (2/4/2018).

“Meski sedang direvisi, perusahaan-perusahaan taksi online mesti tunduk pada segala aspek yang dimuat aturan tersebut. PM 108 itu satu-satunya legitimasi driver online dalam operasional. Jadi tidak ada pencabutan, pembatalan dan pembekuan,” tegas Budi Karya.

Budi menambahkan, bahwa ada beberapa masukan yang sedang dipertimbangkan untuk diakomodir dalam revisi PM 108.

Rencananya dalam waktu dekat, Kementerian akan mengumpulkan para pemangku kepentingan, perwakilan Kemenkominfo, serta perusahaan taksi online untuk berdiskusi.

Menurutnya, salah satu topik yang akan dibahas adalah soal niat Kemenhub untuk mengubah penyedia taksi online, dari perusahaan aplikasi menjadi perusahaan transportasi.

Dengan perubahan tersebut akan ada juga perubahan dalam hubungan antara perusahaan dengan para pengemudinya.

“Kita konsisten ingin jadikan aplikator jadi perusahaan transportasi. Menkominfo Rudiantara setuju dan Kepala KSP Moeldoko setuju. Kemenhub akan fasilitasi dan dalam satu-dua hari akan ketemu stake holder serta aplikator untuk membahasnya,” jelas Budi Karya.

Perihal perubahan status menjadi perusahaan transportasi, dia mengatakan berencana menerapkan dua skema hubungan antata perusahaan dengan pengemudinya. Satu adalah hubungan langsung antara perusahaan dengan pengemudi, kedua adalah hubungan yang dijembatani oleh koperasi.

“Kami memberi kesempatan pada driver langsung berhubungan dengan perusahaan transportasi tersebut. Namun demikian tetap memberikan kesempatan eksistensi pada koperasi yang menaungi driver,” pungkasnya.

Sebelumnya pada Rabu (14/3/2018), para pengemudi online melakukan aksi unjuk rasa di depan Istana Negara. Mereka yang tergabung dalam Aliansi Nasional Driver Online (Aliando) itu menolak Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 108 Tahun 2017 .

boy/tri

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Comments are closed.