Menko PMK Sebut Pemerintah Fokus Pemulihan Kondisi Sosial Ekonomi Rakyat

Posted by:

Jakarta Jejaknews – Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy mengatakan, pemerintah serius menangani pandemi virus corona atau Covid-19. Setelah fasilitas kesehatan, pemerintah fokus pada penyaluran Jaring Pengaman Sosial (JPS) dan survivabilitas ekonomi.

Dia berpandangan, saat ini tren kasus positif Covid-19 di Indonesia mulai melandai. Dengan melihat tren tersebut, Muhadjir optimis pandemi virus corona akan segera berakhir.

Oleh karena itu, pemerintah mempercepat pemulihan kondisi sosial ekonomi masyarakat terutama kebutuhan pokok masyarakat agar masyarakat segera pulih. Setelahnya baru memulihkan sektor pendidikan dan pembangunan sumber daya manusia (SDM).

“Pertama yang kita utamakan adalah segera memulihkan kondisi sosial masyarakat. Terutama untuk memenuhi kebutuhan bahan pokok, agar masyarakat segera bangkit, kemudian sesudah itu kita mengurusi sektor pendidikan kembali,” kata Muhadjir dalam keterangannya, Rabu (6/5).

Dia menilai pandemi ini merusak tatanan ekonomi jangka pendek secara besar-besaran. Menurutnya, akan ada perubahan perilaku terutama sektor konsumsi yang harus diantisipasi.

“Inilah yang membuat penataan ekonomi kita harus pelan-pelan tetapi jangan sampai menjurus ke resesi dan menjadi depresi ekonomi yang berbahaya bagi masa depan kita,” pungkasnya.

try/eva

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Comments are closed.