Soal Percakapan dengan Sofyan Basir, Rini Diminta Beri Penjelasan ke Jokowi

Posted by:

Jakarta Jejaknews – Kalangan partai pendukung Presiden Jokoi, yakni PDIP, meminta Menteri Rini Soemarno diminta untuk mengklarifikasi terkair rekaman percakapan Menteri BUMN Rini Soemarno dengan Direktur Utama PLN Sofyan Basir, yang diduga soal bagi-bagi saham.

“Kami berharap substansi pembicaraan diklarifikasi dulu. Dari klarifikasi tersebut akan terukur seberapa berat atau parah siasat negatif yang sedang disiapkan dilakukan,” kata Wakil Ketua Fraksi PDIP Hendrawan Supratikno.

“Atas dasar itu Presiden juga punya ukuran yang objektif untuk menilai apa yang sedang terjadi,” imbuh Hendrawan yang juga Ketua DPP PDIP bidang ekonomi itu.

Hendrawan meminta Menteri Rini untuk memberi penjelasan langsung kepada Presiden Jokowi terkait isu ini. Sebab bila tidak dijelaskan, itu bisa berdampak negatif pada Kabinet Kerja Presiden Jokowi.

“Presiden tentu bisa langsung minta klarifikasi dari yang bersangkutan. Supaya tidak menimbulkan persepsi yang bukan-bukan. Supaya pembicaraan manajerial yang wajar dilakukan, dipisahkan dari niatan bagi-bagi rezeki, supaya aspek koordinasi dipisahkan dari sisi konspirasi bila memang ada atau terjadi,” paparnya. (win)

Di sisi lain, ia melihat kultur kongkalikong di BUMN belum berubah. “Kami menilai kultur BUMN belum berubah. Masih saja jadi ajang kongkalikong, pat-pat gulipat, persekongkolan dan konspirasi kepentingan sempit. Menjadikan BUMN sebagai instrumen negara yang efektif sungguh merupakan pekerjaan berat,” ungkapnya.

era/nla

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Comments are closed.