Utang Meningkat, Moeldoko Sebut Jokowi Siap Dimarahi Rakyat

Posted by:

Jakarta Jejaknews – Kepala Kantor Staf Kepresidenan (KSP) Moeldoko mengatakan bahwa anggapan terkait pembangunan di rezim Presiden Joko Widodo hanya soal infrastruktur adalah salah. Moeldoko mengklaim ada nilai fisik dan non-fisik yang dikejar pemerintahan Jokowi.

“Dalam setiap kesempatan ada pemikiran yang salah bahwa kepemimpinan yang dibawa oleh presiden Jokowi itu hanyalah pembangunan fisik saja. Saya katakan, tidak,” kata Moeldoko dengan suara lantang di acara “Menuntaskan Pembangunan untuk Seluruh Indonesia” di JCC, Selasa (10/7).

Pembangunan infrastruktur yang sekarang dibangun menurutnya adalah tentang konektivitas. Konektivitas inilah yang menurut dia membawa nilai fisik dan non fisik. Moeldoko menilai bahwa konektivitas adalah mengenai pembangunan peradaban manusia.

“Konteks pembangunan peradaban manusia bisa dilihat eksternalitasnya mudah dikalkukasi. Jika tumbuh kawasan baru maka PDB nya naik. Kalau itu sudah naik pajak Pemda bisa menjadi besar, Pemda bisa membangun banyak,” kata dia.

Sementara itu untuk aspek non-fisik, konektivitas membuat masyarkat di pinggiran terhubung dengan akulturasi budaya, akses pendidikan, dan bahan pangan. Dia menyebut hal itu akan membuat masyarakat lebih berkembang.

Saat disinggung soal pembangunan infrastruktur itu membuat negara menanggung lebih banyak utang, Moeldoko secara tersirat menggambarkan bahwa pemerintahan era Jokowi memang berani mengambil risiko.

“Menjadi pemimpin itu pilihan, ada yang risk taker ada yang biasa aja. Ada yang menjalankan bisnis biasa aja tapi ada yang mengambil risiko biarkan dimarahi rakyat,” ujarnya.

Dia percaya bahwa rezim ini akan membawa dampak yang baik dalam kesejahteraan rakyat di masa depan.

Sementara itu, pemerintahan Jokowi memang memiliki program Nawacita yang isinya adalah agenda pokok untuk memajukan negara dari pinggiran. Beberapa program dalam agenda nawacita adalah pembangunan proyek tol laut, Palapa Ring dan membangun Papua.

dwi/fer

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Comments are closed.