Thursday 9th April 2020

Ada 362 WNI di Kapal Pesiar Westerdam, 27 Sudah Pulang ke RI

Posted by:

Jakarta Jejaknews – Pemerintah Indonesia mengonfirmasi ada 362 WNI yang bekerja sebagai kru kapal pesiar MS Westerdam yang berlabuh di Kamboja. Pemerintah memastikan mereka dalam keadaan sehat dan tidak terjangkit virus Corona COVID-19.

“WNI kru kita adalah kru yang terbesar. Jumlahnya 362. Nah dari 362 ini, pada saat mereka berlabuh, mereka dalam kondisi sehat,” kata Menteri Luar Negeri Retno Marsudi di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, Senin (17/2/2020).

Dari 362 kru WNI, 27 di antaranya sudah pulang ke Indonesia karena masa kontrak kerjanya selesai. Total kru yang masa kerjanya selesai sebanyak 60.

“Nah oleh karena itu semula ada 60 orang yang memang kontrak kerjanya sudah selesai dan mengatakan akan pulang. Tapi kemudian ada beberapa di antaranya yang kemudian di perpanjang masa kontrak kerjanya. Sehingga yang sudah kembali di Indonesia adalah 27 orang,” kata Retno.

Retno memastikan 27 WNI yang pulang dalam keadaan sehat. Mereka juga sudah mengisi health alert card.

“Dan mereka juga begitu tiba sudah dilakukan pengecekan semua oleh tim Kementerian Kesehatan. Diberikan juga health alert card dan sejauh ini mereka ada dalam kondisi sehat,” ujar Retno.

Holland America, selaku operator kapal pesiar MS Westerdam, menyatakan pihaknya sedang dalam ‘koordinasi erat’ dengan otoritas Malaysia dan Kamboja, bersama para pakar dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) serta Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS (CDC).

Sebanyak 233 penumpang dan 747 awak kini masih ada di dalam kapal pesiar MS Westerdam, yang masih berlabuh di Sihanoukville, Kamboja. Otoritas setempat sebelumnya mengizinkan para penumpang turun secara bertahap sesuai dengan jadwal penerbangan mereka, tapi kini orang-orang yang masih ada di kapal menuturkan kepada AFP bahwa mereka tidak diizinkan turun.

mey/nta

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Comments are closed.