Ada Ancaman Tsunami Setinggi 3 Meter, Warga Pesisir Meksiko Dievakuasi

Posted by:

– Gempa bumi bermagnitudo 8,4 yang mengguncang Meksiko telah menewaskan sedikitnya 15 orang dan petugas mengeluarkan peringatan tsunami.

Kantor berita Perancis, AFP, Jumat (8/9/2017), melaporkan, bersamaan dengan peringatan tsunami, petugas mengevakuasi penduduk di sepanjang pesisir Pasifik wilayah Meksiko.

Presiden Meksiko, Endrique Pena Nieto, menyebutkan, “gempa kali ini merupakan yang terbesar yang pernah terjadi,” di negaranya.

Sebelumnya Badan Seismologi Meksiko menyatakan, gempa berkekuatan 8,4 pada skala Richter. Jika terkonfirmasi, maka catatan gempa yang terjadi pada 32 tahun lalu terpatahkan.

Guncangan gempa bumi terbesar terakhir di Meksiko terjadi pada 1985 atau 32 tahun silam, yakni gempa dengan magnitudo 8,1 dan merenggut 10.000 jiwa.

Petugas menyebutkan, evakuasi penduduk di sepanjang pesisir Pasifik dilakukan karena seismolog memperingatkan ada ancaman gelombang tsunami, yang bisa menapai lebih dari tiga meter ke daratan.

Bahkan, ancaman tsunama itu bisa mencapai kota-kota di pesisir hingga sejauh Ekuador.

AFP melaporkan, gempa dahsyat terjadi pada Kamis (7/9/2017) tengah malam, tepat pukul 23.45 waktu setempat atau Jumat (8/9/2017) pukul 11.49 WIB.

Pusat gempa terletak sekitar 165 km barat negara bagian Chiapas. Wilayah yang terkena dampak kerusakan parah terjadi di kota-kota pesisir, terutama lagi di Tonala, Chiapas.

“Ini merupakan gempa bumi terbesar baik dalam skala maupun magnitudonya, yang terkuat dalam 100 tahun terakhir,” kata Presiden Enrique Pena Nieto.

Magnitudo gempa adalah sebuah ukuran yang menyatakan besaran energi seismik yang dipancarkan oleh sumber gempa.

Besaran dihitung dari tempat yang berbeda. Skala yang kerap digunakan untuk menyatakan magnitudo gempa ini adalah skala Richter.

Ada beberapa defenisi magnitudo yang dikenal dalam kajian gempa bumi, yang disebut Ms yang diperkenalkan oleh Guttenberg, yakni menggunakan fase gelombang permukaan, yang diukur berdasarkan amplitudo gelombang badan.

Nieto mengatakan, para korban tewas tersebar di negara bagian Chiapas dan Tabasco. Tiga orang tewas akibat tertimpa gedung-gedung roboh di Chiapas.

Dua anak-anak juga tewas di negara bagian tetangga, Tabasco. Satu di antaranya remuk oleh tembok yang roboh. Korban lainnya juga tertimpa gedung roboh.

Sebuah hotel roboh dan beberapa rumah ambruk di Juchitan, negara bagian Oaxaca. Namun, untuk sementara belum ada laporan mengenai korban jiwa di sana.

Masyarakat pesisir di negara-negara Guatemala, El Salvador, Kosta Rika, Nicaragua, Panama, dan Honduras, menghindari wilayah itu untuk mencari tempat yang aman.

“Berdasarkan pada data yang tersedia … gelombang tsunami yang meluas diperkirakan terjadi di beberapa wilayah pantai,” kata Pusat Peringatan Tsunami Pasifik.

“Gelombang tsunami yang mencapai lebih dari tiga meter di atas permukaan air laut dimungkinkan terjadi di sepanjang pantai Meksiko,” katanya.

mey/nta

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Comments are closed.