Calon Dubes Iwan Bogananta Siap Bawa Produk Indonesia Tembus Pasar Bulgaria

Posted by:

Jakarta Jejaknews – Calon duta besar Iwan Bogananta baru saja menyelesaikan uji kepatutan dan kelayakan dengan Komisi I DPR. Dia diajukan Presiden Joko Widodo untuk menjadi calon Duta Besar RI untuk Republik Bulgaria merangkap Republik Albania dan Republik Makedonia.

Selama uji kelayakan, Iwan memaparkan bagaimana menjadikan Bulgaria, Albania dan Makedonia sebagai akses pasar produksi Indonesia terhadap negara-negara di Eropa Timur.

“Dalam program kerja di bidang perdagangan, ada beberapa catatan penting dan harus segera direalisasikan beberapa waktu ke depan,” kata Iwan saat uji kelayakan di Komisi I DPR, Selasa (16/6).

Pertama, dia mengatakan, melanjutkan dan meningkatkan aktivitas kerja sama perdangan dengan serta menyelenggarakan forum bilateral, antara Indonesia dan ketiga negara.

Selanjutnya, melibatkan kelompok pengusaha lebih luas, melalui asosiasi dan jejaring usaha, serta penyedia dukungan ekspor utama.

“Jadi kita akan memfasilitasi terbentuknya forum dengan seluruh pelaku ekonomi, mulai dari eksportir terkemuka hingga pelaku UMKM yang tepat. Jadi nantinya akan ada wadah pertemuan antara pelaku bisnis dari Indonesia dengan para calon buyer dan market entry di Bulgaria, Albania dan Makedonia,” jelas Iwan.

Ketiga, Bendahara Umum PKPI ini menerangkan, akan memfasilitasi perluasan kerja sama ekonomi antar negara. Tentunya langkah ini akan sesuai dengan pengembangan roadmap investasi dan perdagangan.

“Memaksimalkan upaya lobi dan advokasi untuk menciptakan kebijakan di masing masing negara. Sehingga mempermudah aktivitas perdagangan antar negara,” ujarnya.

Cara terakhir adalah membangun infrastruktur yang kuat. Iwan mengungkapkan, cara yang akan diambil dengan memperluas keterlibatan stakeholder dan memanfaatkan platform media yang tepat.

Di antaranya, membangun kejasama dengan pihak ketiga, seperti pelaku ekonomi kreatif, start up, dan asosiasi terkait.

“Kita juga akan mengoptimalkan teknologi informasi dalam upaya meningkatkan kinerja pedagangan dan memasyarakatkan produk indonesia di tiap negara,” tutupnya.

vvi/kus

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Comments are closed.