CCTV Rekam Momen Terakhir Wartawan Saudi Sebelum Hilang

Posted by:

Istanbul Jejaknews – Salah satu stasiun televisi Turki, 24TV, merilis rekaman CCTV yang menunjukkan Jamal Khashoggi, wartawan pengkritik putra mahkota Raja Salman, memasuki kantor konsulat Arab Saudi di Istanbul, Turki, sekitar pekan lalu.

Rekaman itu menjadi momen terakhir Khashoggi sebelum dinyatakan hilang oleh sang tunangan, Hatice Cengiz.

Sumber pemerintah Turki menyebut polisi meyakini Khashoggi dibunuh oleh tim khusus di dalam gedung konsulat. Tim tersebut diduga khusus didatangkan ke Istanbul dan terdiri dari 15 warga Saudi.

Rekaman CCTV itu menunjukkan seorang pria yang diyakini sebagai Khashoggi memasuki gedung konsulat sekitar puklu 13.14 waktu Istanbul pada Selasa (2/10).

Salah satu rekaman CCTV lainnya menunjukkan beberapa warga Saudi tiba di bandara Istanbul di hari yang sama sekitar pukul 03.30. Dari bandara, pria-pria tersebut langsung bergegas menuju sebuah hotel.

Dikutip AFP, Askam Daily melaporkan sekelompok warga Saudi itu tiba di gedung Konsulat sebelum Khashoggi datang.

Sebuah kendaraan juga tertangkap CCTV memasuki gedung konsulat tak lama setelah Khashoggi masuk. Mobil itu lalu keluar menuju kediaman Konsul Jenderal Saudi yang berjarak tak jauh dari kantor diplomatik tersebut sebelum pukul 15.00.

Kepada 24TV, pemimpin redaksi Askam Daily berspekulasi bahwa Khashoggi telah dibawa dalam kendaraan tersebut.

“Hampir pasti dia berada di dalam kendaraan mini bus itu,” katanya, Rabu (10/10).

Sejumlah media lokal lainnya melaporkan bahwa Khashoggi diculik dan di bawa oleh salah satu pesawat privat keluar Istanbul.

Khashoggi merupakan salah satu kolumnis The Washington Post. Sebelum berkiprah di media, dia merupakan mantan penasihat pemerintah Saudi yang kabur ke Amerika Serikat untuk menghindari kemungkinan ditahan otoritas Saudi.

Khashoggi mengaku otoritas Saudi memblokir akun Twitter-nya sebelum dia meninggalkan negaranya itu.

Selama berkiprah sebagai wartawan, Khashoggi kerap menulis kritik terhadap pemerintahan Saudi, tertutama kebijakan-kebijakan Putra Mahkota Mohammed bin Salman.

Dia juga kerap menentang intervensi Saudi selama ini dalam perang sipil di Yaman.

Hilangnya Khashoggi berawal ketika dia bersama Cengiz mengunjungi konsulat Saudi di Istanbul. Cengiz mengatakan Khashoggi mendatangi konsulat untuk mengurus berkas-berkas yang diperlukan agar bisa menikahinya.

Meski begitu, menurut penuturan Cengiz, dirinya tak ikut masuk ke gedung konsulat.

Setelah berjam-jam menunggu di luar, Cengiz mengaku tak pernah melihat sang tunangannya keluar gedung tersebut hingga kansulat tutup.

mey/nta

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Comments are closed.