Dewa Berjalan’ India Meninggal Dunia di Usia 111 Tahun

Posted by:

India Jejaknews – Puluhan ribu orang memadati jalan-jalan kota India pada Senin (21/01) untuk memberikan penghormatan terakhir kepada Shivakumara Swami, kepala sebuah sekte agama Hindu berusia 111 tahun yang dikenal sebagai “dewa berjalan” di antara para pengikutnya.

Swami adalah kepala Sree Siddaganga Mutt, biara sangat berpengaruh yang mengelola ratusan sekolah di seluruh negara bagian Karnataka selatan.

Terbungkus jubah saffron dan karangan bunga, jasad Swamo diangkat tinggi-tinggi dan diarak melalui kerumunan di Tumakuru, sebuah kota industri di dekat Bangalore.

Di antara kerumunan itu, terlihat Perdana Menteri Narendra Modi turut memberikan penghormatan terakhir bagi pemuka agama yang meninggal pada Senin (21/1) tersebut.

“(Swami) hidup untuk orang-orang, terutama yang miskin dan rentan. Dia mengabdikan dirinya untuk mengurangi permasalahan seperti kemiskinan, kelaparan dan ketidakadilan sosial,” kata Modi di Twitter.

“Dia merupakan representasi terbaik dari tradisi kita, tradisi pelayanan belas kasih, kerohanian, dan melindungi hak-hak yang kurang beruntung.”

Pemimpin oposisi Rahul Gandhi juga menyampaikan belasungkawa, menggambarkan kematian pemimpin agama itu sebagai “kekosongan spiritual yang mendalam” di negara itu.

Pemerintah negara bagian pun mengumumkan tiga hari berkabung untuk memperingati kematiannya.

Swami tetap menjadi sosok yang dihormati di wilayah tersebut meski ia sudah tak muncul di muka umum karena usia lanjut.

Jasanya masih terus dikenang melalui berbagai lembaga pendidikan bentukan biara Swami yang menyediakan tempat tinggal, makanan, dan pendidikan gratis bagi siswa miskin di Karnataka.

mey/nta

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Comments are closed.