Dibebaskan, Mu Sochua Kembali ke Kamboja via Jalur Darat

Posted by:

Malaysia Jejaknews – Tokoh oposisi Kamboja, Mu Sochua dibebaskan oleh pemerintah Malaysia pada Kamis (7/11) malam usai ditangkap pada Rabu (6/11) di bandara Kuala Lumpur.

Sosok wakil presiden Partai Penyelamatan Nasional Kamboja (CNRP) ini menegaskan akan kembali melanjutkan perjalanan ke Kamboja melalui jalur darat. Kendati sudah ada indikasi jika Thailand tidak akan memberikan izin untuk transit bagi sosok oposisi Kamboja.

“Kami akan terus mencoba sampai detik terakhir [untuk sampai di Kamboja],” ungkap Sochua kepada AFP.

“Kami akan menunjukkan kepada para pendukung yang menunggu kami di Kamboja bahwa kami telah melakukan segala upaya untuk berada di sana bersama mereka,” ucap perempuan berusia 65 tahun tersebut.

Terkait penolakan yang dilakukan Thailand, ia berharap negara-negara tetangga lainnya tetap mengizinkan mereka untuk transit.

Ia berharap kembalinya CNRP ke Kamboja bisa memberikan jalan bagi rakyat untuk hidup sebagai warga negara yang bebas dan merdeka.

Sochua menilai upaya Perdana Menteri Kamboja Hun Sen yang menutup perbatasan bagi tokoh-tokoh oposisi merupakan upaya melanggar konstitusi. Sebagai orang nomor satu, ia mengerahkan pasukan di daerah perbatasan dengan Thailand dan mengirim surat perintah penangkap ke sejumlah negara tetangga.

“Menutup perbatasan dan tidak mengizinkan kami masuk [ke Kamboja] adalah pelanggaran berat terhadap hak asasi manusia,” imbuhnya.

Lihat juga: Oposisi Kamboja akan Pulang, Dilarang Singgah di Thailand
CNRP menilai Hun Sen dari Partai Rakyat Kamboja tidak bisa menghadapi pemilihan umum yang bebas dan adil sehingga menghancurkan satu-satunya oposisi kuatnya. Jelang pemilihan umum pada 2018, pengadilan menyatakan CNRP secara resmi dibubarkan pada 2017.

Sochua menilai Hun Sen tidak menginginkan hal serupa terulang pada perayaan kemerdekaan Kamboja pada Sabtu (9/11). Untuk itu ia melarang daerah perbatasan dan negara-negara tetangga menerima tokoh-tokoh CNRP

mey/nta

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Comments are closed.