Gunung Berapi Fuego Erupsi, Tujuh Orang Tewas

Posted by:

Guatemala Jejaknews – Erupsi gunung berapi Fuego di Guatemala yang terjadi Minggu (3/6/2018) waktu setempat, menelan tujuh korban jiwa dan melukai hampir 300 orang lainnya.

Dilansir BBC, Presiden Guatemala Jimmy Morales mengatakan jika respons darurat berskala nasional sedang dilakukan di negaranya.

“Orang-orang terluka, terbakar dan tewas. Evakuasi serta pencarian korban masih dilakukan,” tutur Kepala Otoritas Pencegahan Bencana Nasional, Sergio Cabanas.

“Aliran lava yang meluap memasuki desa Rodeo. Orang-orang terluka, terbakar dan mati. Kami sedang mengevakuasi dan melakukan upaya penyelamatan sekitar 20 orang terluka, enam tewas dan hilang,” kata Cabanas.

Letusan itu juga memaksa bandara internasional La Aurora di Guatemala City untuk menutup satu-satunya landasan pacu. Landasan pacu ditutup karena adanya abu vulkanik dan berbahaya bagi penerbangan.

Diperkirakan sekitar satu juta orang terkena imbas dari erupsi Fuego. Warga diimbau mengenakan masker karena abu vulkanik yang turun di empat wilayah administratif Guatemala.

Untuk membantu evakuasi warga dan membersihkan abu vulkanik, militer Guatemala diturunkan ke beberapa lokasi terdampak Erupsi.

mey/nta

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Comments are closed.