Jalani tes Kesehatan, Duterte akui Kemungkinan Menderita Kanker

Posted by:

Filifina Jejaknews – Presiden Filipina Rodrigo Duterte merasa pesimis dengan kondisi kesehatannya saat ini dan mengatakan ada kemungkinan dia menderita kanker. Saat ini, dia tengah cemas menantikan hasil tes medis terbarunya.

“Saya tidak tahu kondisi fisik saya sekarang, dan saya masih harus menunggu hasilnya. Tetapi saya mau mengatakan apabila itu kanker, maka itu benar-benar kanker,” kata Duterte saat membawakan pidato di Manila, dikutip dari laman Washington Post, Jumat (5/10).

Duterte menambahkan bahwa dia baru menjalani tes endoskopi dan kolonoskopi tiga minggu lalu tetapi dokternya menyarankan agar pekan ini dia menjalani tes ulang. Kedua tes ini bertujuan untuk mendiagnosis kelainan pada saluran pencernaan dan usus besar.

“Jika (kanker) itu stadium tiga, maka tidak ada pengobatan lagi. Saya tidak ingin memperpanjang penderitaan di pemerintahan atau di mana pun,” ungkapnya.

Kondisi kesehatan Duterte telah menjadi perbincangan selama beberapa waktu. Ada spekulasi bahwa Duterte memang menderita penyakit serius karena kerap mengungkit-ungkit soal pengunduran diri dari jabatan. Namun asisten dan penasihat Duterte menegaskan bahwa kondisi fisik pria 73 tahun itu masih bugar.

Duterte mengaku bahwa dia menderita penyakit Barrett’s esophagus atau kondisi lambung bemasalah yang terserap ke kerongkongan. Dia juga mengaku menderita penyakit lain karena sering minum alkohol dan pernah mengalami kecelakaan sepeda motor.

“Dulu saya tidak bisa berhenti minum, tetapi sekarang berhenti. Begitulah penyesalan, selalu datang terlambat. Kini kondisi saya semakin memburuk,” ungkapnya.

Sementara itu, juru bicara kepresidenan Harry Roque mengatakan bahwa kondisi Duterte saat ini baik-baik saja. Dia memastikan akan memberikan informasi kepada masyarakat jika memang Duterte menderita penyakit serius, sebagaimana yang telah dipersyaratkan oleh konstitusi.

mey/nta

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Comments are closed.