Kemlu: Ada 106 WNI ABK di Kapal Costa Luminosa, 4 Orang Positif Corona

Posted by:

Jakarta Jejaknews – Kementerian Luar Negeri (Kemlu) mengatakan warga negara Indonesia (WNI) yang bekerja sebagai anak buah kapal (ABK) di Kapal Costa Luminosa berjumlah 106 orang. Empat orang di antaranya dinyatakan positif Corona.

“ABK (WNI) Costa Lumimosa ada 106,” kata Plt Juru Bicara Kemlu Teuku Faizasyah saat dikonfirmasi pada Sabtu (28/3/2020).

Faizasyah mengatakan empat orang WNI tersebut sudah dirawat di rumah sakit di Italia.

“4 di antaranya positif dan dirawat di RS setempat,” ujar Faizasyah.

Selain itu, Faizasyah mengatakan pemerintah berencana melakukan pemulangan WNI ABK di Kapal Costa Luminosa. Dia mengatakan pemerintah saat ini sedang melakukan koordinasi dengan otoritas terkait.

“Akan dilakukan pemulangan dan dalam hal ini pihak pemberi kerja (kapal pesiar) akan mengaturnya melalui kerjasama dengan pemerintah Indonesia,” ucap Faizasyah.

Faizasyah menjelaskan akan memberlakukan protokol kesehatan apabila ABK WNI tersebut telah tiba di Indonesia. “Protokol kesehatan akan diberlakukan setibanya mereka di tanah air,” tutur Faizasyah.

Namun Faizasyah belum bisa memastikan kapan WNI di kapal tersebut akan dipulangkan. Menurutnya hal tersebut masih dikoordinasikan.

“Saya belum bisa pastikan waktunya kapan. Namun masih terus dimatangkan diantara pihak-pihak terkait,” ujar dia.

Sebelumnya, Duta Besar RI untuk Prancis Arrmanatha Nasir sempat menyatakan WNI ABK di Kapal Costa Luminosa berjumlah 60 orang. Mereka berada di kapal yang beberapa penumpangnya dinyatakan virus Corona.

“Pagi ini saya sudah bicara dengan salah satu kru WNI. Terdapat 60 kru WNI yang bekerja di kapal tersebut. Secara umum sebagian besar mereka dalam keadaan baik,” kata Duta Besar RI untuk Prancis Arrmanatha Nasir melalui pesan singkat, seperti dilansir dari Antara, Jumat (20/3/2020).

Kapal tersebut awalnya berlabuh di Marseille, Prancis. Namun selanjutnya kapal itu meninggalkan Marseille dan kembali ke Italia.

mey/nta

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Comments are closed.