Kondisi Iran Memanas, Dubes Imbau WNI Waspada Potensi Serangan Balik

Posted by:

Iran Jejaknews – Kondisi di Iran makin memanas setelah tewasnya petinggi militer Iran, Jenderal Qasem Soleimani, akibat serangan militer Amerika Serikat (AS). Kedubes Indonesia di Iran siap mengevakuasi WNI yang berada di sana

“Jadi ada beberapa yang sudah kita imbau untuk segera siap-siap karena kita menghindari adanya serangan balik,” ujar Dubes Indonesia untuk Iran, Octavian Alimudin ditemui di Gedung Kementerian Luar Negeri, Jalan Pejambon, Jakarta Pusat, Rabu (8/1/2020).

Octavian mengatakan sebagian besar masyarakat Indonesia yang tinggal di Iran merupakan pelajar. Tahun lalu, Octavian menyebut Kedubes Indonesia di Iran telah menyiapkan skenario jika terjadi sesuatu yang genting dengan menyiapkan kontak perwakilan masyarakat Indonesia di tiap kota di Iran.

“Jadi tahun lalu kita sudah buat skenario kalau sekiranya terjadi evakuasi, maka setiap kota itu sudah ada kontak person-nya,” kata Octavian.

Kedubes Indonesia untuk Iran saat ini telah melakukan pengecekan kondisi masyarakat Indonesia di sana melalui pengumuman via Instagram dan WhatsApp group.

Ditanya apakah ada kekhawatiran warga negara Indonesia di Iran, Octavian menegaskan jika saat ini kondisi psikis masyarakat Indonesia dalam kondisi baik. Menurutnya, dalam beberapa bulan terakhir Iran kerap mengalami demo dan hal itu membuat masyarakat Indonesia di sana menganggap kondisi saat ini sebagai hal yang biasa.

“Dan memang demonstrasi di Iran itu hanya di waktu tertentu, tidak setiap hari. Jadi mereka bisa membagi waktu untuk menghindari tempat-tempat demo,” imbuhnya.

mey/rta

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Comments are closed.