Korban Tewas Letusan Gunung Berapi Fuego Mencapai 109 Orang, 200 Hilang

Posted by:

Guatamela Jejaknews – Korban tewas letusan gunung berapu Fuego sudah mencapai 109 orang. Saat ini, pencarian dihentikan sementara karena kondisi yang berbahaya bagi petugas penyelamat.

Dilansir Reuters, Jumat (8/6/2018), jumlah korban tewas saat ini merupakan yang terbesar dalam empat dekade, dan kemungkinan besar angka tersebut akan meningkat mengingat masih ratusan orang dinyatakan hilang.

Pada Kamis (7/6/2018) malam, pejabat Guatemala memperingatkan bahaya hujan abu dari gunung berapi Fuego. Mereka meminta penerbangan berhati-hati dan mengambil tindakan pencegahan.

Tim penyelamat telah mencari-cari korban yang selamat dan korban di lokasi yang porak-poranda, karena tertutup abu dan lahar.

Letusan telah menghujani abu vulkanik di atas area yang luas dan memuntahkan aliran piroklastik yang bergerak cepat melewati kota-kota terdekat.

Pemerintah AS menyatakan “belasungkawa terdalam” kepada para korban, dan mengirimkan bantuan darurat atas permintaan Guatemala, termasuk sejumlah sumber daya keuangan untuk membantu dengan makanan, air, dan sanitasi.

“Kita seharusnya tidak meremehkan skala bencana ini. Kritis, kebutuhan darurat masih sangat besar, dan masyarakat yang terkena dampak akan membutuhkan dukungan jangka panjang dan berkelanjutan, ”kata Presiden IFRC Francesco Rocca dalam sebuah pernyataan.

Fuego adalah salah satu dari beberapa gunung berapi paling aktif di Amerika Tengah. Terletak di dekat kota kolonial Antigua, Fuego merupakan situs warisan dunia UNESCO.

mey/nta

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Comments are closed.