Menlu Retno: Kesenjangan Kesetaraan Vaksin Masih Terjadi di Dunia

Posted by:

Jakarta Jejaknews – Menteri Luar Negeri, Retno Marsudi menyebut, kesenjangan akses vaksin di dunia masih terjadi. Padahal, kecepatan penyebaran virus harus diimbangi dengan kecepatan vaksinasi.

“Kecepatan penyebaran virus ini seharusnya diimbangi dengan kecepatan vaksinasi, namun disaat yang sama kita melihat kesenjangan kesetaraan vaksin masih terjadi di dunia saat ini,” katanya di tayangan youtube sekretariat presiden, Kamis (15/7).

Dia menambahkan, Indonesia terus berupaya mengamankan akses vaksin. Retno bilang, Indonesia terus menyuarakan kesetaraan akses vaksin untuk semua.

“Dalam konteks vaksin, diplomasi Indonesia kita lakukan secara all out guna mengamankan pasokan vaksin yang diperlukan Indonesia dan kita juga bicara mengenai dunia yaitu kesetaraan akses terhadap vaksin untuk semua,” tuturnya.

Retno melanjutkan, pasokan vaksin global diperkirakan mulai baik pada bulan September dan seterusnya. Dia bilang, percepatan vaksinasi dan pembatasan mobilitas merupakan cara untuk mengatasi kasus Covid yang meningkat secara signifikan.

“Setitik harapan dunia muncul, Gavi pada pertemuan Covax AMC engagement group pada tanggal 12 Juli menyampaikan harapan besar bahwa situasi pasokan vaksin global diperkirakan akan lebih baik sekitar bulan September, Oktober dan seterusnya,” pungkasnya.

dwi/fer

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Comments are closed.