Pemeluk Sikh India Memulai Ziarah Bersejarah ke Pakistan

Posted by:

India Jejaknews – Ratusan pemeluk Sikh India akan melakukan ziarah bersejarah ke salah satu situs tersuci agama mereka di Pakistan pada Sabtu (9/11).

Kuil untuk Guru Nanak, pendiri Sikhisme, terletak di Kartarpur, kota kecil di samping Sungai Ravi di provinsi Punjab tengah, yang diyakini sebagai tempat sang guru wafat.

Bagi 30 juta pemeluk Sikh di seluruh dunia, tempat ini merupakan salah satu tempat yang mereka sakralkan.

Saat Pakistan terpisah dari India yang mendapat kemerdekaan dari Inggris pada tahun 1947, Kartarpur berada di sisi timur perbatasan antar dua negara.

Bagi mereka, jarak lokasi suci ini sangat dekat – hanya empat kilometer dari Pakistan. Begitu juga bagi pemeluk Sikh yang bermukim di India.

Tetapi perseteruan antara India dan Pakistan yang telah berlangsung selama puluhan tahun, membuat ziarah menjadi kegiatan yang “menegangkan”.

Penerapan bebas visa diumumkan beberapa hari sebelum ulang tahun ke-550 Guru Nanak pada 12 November, yang ditandai dengan perayaan oleh jutaan Sikh di seluruh dunia.

“Tanah ini suci bagi mereka,” kata Habib Khan (63), pemimpin Sikhisme 63 tahun di sebuah masjid kecil di luar perbatasan, seperti yang dikutip dari AFP.

Setidaknya 700 peziarah diperkirakan melewati pintu perbatasan pada Sabtu, dan lebih banyak lagi yang berdatangan pada beberapa hari mendatang.

Sikh dari seluruh dunia – termasuk beberapa dari India yang masuk dari perbatasan utama di Wagah setelah mendapatkan visa – telah tiba di Pakistan menjelang perayaan selama beberapa hari.

Mobil para peziarah mulai terlihat melaju ke Kartarpur sejak Jumat.

Bendera India dapat terlihat berkibar di perbatasan, tepat di luar padang rumput yang dipenuhi pohon eukaliptus dan jambu – meski pemandangan itu setengah dikaburkan oleh kabut tebal yang sedang menyelimuti sebagian besar wilayah Asia Selatan dalam beberapa hari terakhir.

Kelompok paramiliter Pakistan juga bersiaga menjaga keamanan. Penjagaan terlihat ketat menjelang perbatasan.

Tanah suci

Perdana Menteri India Narendra Modi akan mengantar kloter pertama peziarah pada Sabtu, dan mereka akan disambut oleh Perdana Menteri Pakistan Imran Khan di kuil.

Kesepakatan antara Pakistan dan India memungkinkan hingga 5.000 peziarah menyeberang per hari.

Pakistan telah mempekerjakan ratusan pekerja untuk merapikan kuil, termasuk membangun pos pemeriksaan imigrasi perbatasan dan jembatan, serta memperluas lahan menuju situs religi itu.

Beberapa warga di Kartarpur mengeluh mengenai pembangunan itu.

Khan memahami hal tersebut, namun ia mengatakan bahwa pembangunan itu penting untuk keperluan ziarah dan ibadah.

Ajaran Sikh berkembang sejak pada abad ke-15 di kota Lahore, yang sekarang menjadi bagian dari Pakistan, ketika Guru Nanak mulai mengajarkan agama yang mengajarkan kesetaraan.

Ada sekitar 20 ribu pemeluk Sikh yang tersisa di Pakistan setelah jutaan orang melarikan diri ke India akibat konflik berdarah, yang memicu migrasi massal terbesar dalam sejarah manusia dan menyebabkan kematian setidaknya 1 juta orang.

mey/nta

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Comments are closed.