Putri Saudi Sebut Kini Saatnya Wanita Dinilai dari Kemampuan

Posted by:

Arab Saudi Jejaknews – Putri Reema Bandar Al-Saud, wanita pertama yang terpilih untuk memimpin Federasi Olah Raga Arab Saudi menegaskan bahwa kini saatnya perempuan Saudi dinilai dari kemampuan dan bukan pakaiannya.

Menurutnya, Arab Saudi kini mengumpulkan kekuatan dari olah raga untuk membantu perekonomian negeri itu.

“Saya membangun seluruh ekosistem olah raga. Mulai dari atlet, pemandu, penjaga keamanan. Tiap sektor perlu rantai dari bawah,” kata putri mantan Duta Besar Arab Saudi untuk Amerika Serikat, Pangeran Bandar Bin Sultan tersebut dalam artikel yang dilansir Arab News, Jumat (9/3) lalu.

Berpendidikan di Amerika Serikat, lulusan George Washington University tersebut menyatakan bahwa olah raga berdampak ke sektor industri di seluruh laposan dan akan banyak menarik warga dunia.

Sejak Oktober lalu, Putri Reema memimpin Federasi Olahraga Komunitas Saudi (SFCS), sekaligus Wakil Presiden Pembangunan dan Perencanaan di Otoritas Olah Raga Arab Saudi.

Sebagai Kepala SFCS, dia bertugas mengembangkan ekosistem olahraga di Kerajaan Arab Saudi, yang sebagian besar dari nol.

“Mulai dari staf yang membersihkan mesin-mesin, pelatih, dokter, atlet. Semua hal terkait olah raga harus dioertakan dalam perencanaan. Itu pekerjaan saya,” kata wanita pengusaha sekaligus filantropis tersebut di Lembaga Kajian Chatham House, London, Inggris.

Tahun ini kemajuan olah raga cukup signifikan di Arab Saudi. Pembatasan terhadap perempuan untuk menonton dan berolah raga telah diabut. Perempuan kini dapat menonton pertandingan sepak bola, dan berolah raga di gym, serta mengambil kelas pendidikan jasmani di sekolah.

Sejak Putri Reema memimpin federasi olah raga, dia memainkan perannya untuk mendorong wanita dalam bidang tersebut.

“Saya mendorong wanita untuk berolah raga di taman. Saya memberi tahu kepada mereka bahwa untuk berolah raga di depan umum tak perlu izin. Mereka juga tidak perlu izin untuk giat berolah raga sendiri,” kata Putri Reema.

mey/nta

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Comments are closed.