20 Purnawirawan Polres Jakarta Utara Dilepas Naik Andong

Posted by:

Jakarta Jejaknews – Ada yang menarik dalam upacara purna tugas anggota Polres Jakarta Utara pada Rabu (3/7/2019).Tak hanya disambut tradisi pedang pora, anggota yang telah selesai mengabdi di Polres Jakarta Utara juga diarak menggunakan andong.

Sebanyak 10 andong sudah dipersiapkan di depan mako sejak acara dimulai. Kemudian, setelah beberapa rangkaian kegiatan, upacara ditutup dengan pelepasan petugas dengan andong itu.

Anggota Polres yang purna tugas awalnya diberi penghargaan secara simbolis oleh Kapolres Jakarta Utara, Kombes Budhi Herdi Susianto.
Puluhan anggota diberi kalung tanda penghargaan atas selesainya pengabdian mereka.

Sebanyak 20 dari 32 anggota yang purna tugas berjalan melewati barisan pedang pora menuju ke pintu gerbang Polres.
Di sana, mereka diarahkan naik ke andong yang masing-masing berisi dua anggota.

Budhi mengatakan, digelarnya pengangkutan anggota purna tugas dengan andong menjadi sebuah simbol selesainya pengabdian mereka.

“Kenapa andong, karena andong adalah kendaraan tradisional, kearifan lokal di Jakarta Utara yang kita gunakan. Kita memberikan gambaran untuk mengingatkan bahwa pada akhirnya kita akan kembali ke masyarakat, kita akan selesai tugasnya sebagai anggota polri dan kembali menjadi anggota masyarakat seperti yang lain,” ucap Budhi.

Budhi juga mengatakan, upacara ini sebagai bentuk penghormatan dari Polres Jakarta Utara kepada para purnawirawan. ‘Kita memberikan penghormatan terhadap senior-senior kami yang telah berjuang, telah mengabdi di Polres Jakarta Utara,” ucap Budhi.

nvi/ika

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Comments are closed.