280 Ribu Bidang Tanah di Jakarta Belum Bersertifikat

Posted by:

Jakarta Jejaknews – Menteri Agraria dan Tata Ruang / Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Indonesia, Sofyan A. Djalil mengatakan lebih dari 280 ribu bidang tanah di DKI Jakarta belum tersertifikasi.

Menurut Sofyan di Gedung Kementerian ATR/BPN, Jakarta Selatan, Senin (4/6/2018), untuk itu, bersama dengan Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta pihaknya menandatangani Kesepakatan Bersama dan Perjanjian Kerja Sama (PKS) untuk menangani permasalahan tanah dan legalisasi aset di Pemprov DKI.

“Wujud konkret PKS ini adalah kerja sama antara BPN dengan Pemprov DKI untuk sertifikasi seluruh tanah di Jakarta. Pada saat yang sama kami menata kembali sertifikat lama. Jadi dengan ini seluruh status tanah di Jakarta akan jelas. Mungkin anda punya tanah di Jakarta sejak 1960, catatan kami ada, gambarannya gak pas, ini kami petakan kembali,” kata Sofyan.

Nantinya Pemprov DKI akan menghibahkan dana sebesar Rp 120 miliar kepada Kementerian ATR/ BPN untuk mendukung program Pendaftaran Tanah Sistem Lengkap (PTSL). Dengan dana sebesar itu, berarti Pemerintah Provinsi DKI Jakarta mendanai pendaftaran tanah 282.655 bidang tanah di Jakarta.

“Kemudian Pemprov DKI akan membebaskan BPTHB (Bea Perolehan Hak atas Tanah dan Bangunan) Rp 2 miliar sudah diteken gubernur sebelumnya. Targetnya mulai tahun ini dan utamanya tahun depan seluruh tanah di DKI sudah tersertifikasi, kalau tidak sengketa. Kalau ada sengketa akan diselesaikan. seluruh puzzle tanah di Jakarta sudah akan jelas,” kata Sofyan.

Penandatanganan Kesepakatan Bersama dan Perjanjian Kerja Sama (PKS) untuk menangani permasalahan tanah dan legalisasi aset di Pemprov DKI dilakukan langsung oleh Sofyan Djalil dan Gubernur DKI Jakarta, Anies Rasyid Baswedan.
Menurut Anies, kesepatakan bersama yang berlangsung selama satu tahun ini untuk mempercepat legalisasi aset dan tanah di Jakarta.

“Penandatangan Mou dan kerjasama terkait legalisasi aset tamah masyarakat di Provinisi DKI, perjanjian Mou ini penting, kita berharap dari sini kita bisa memiliki pedoman bagi para pihak untuk mempercepat proses legalisasi tanah di Jakarta baik masyarakat maupun Pemprov DKI,” kata Anies ditempat yang sama.

(**)/rta

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Comments are closed.