Airin: Mayoritas Walikota dan Bupati Keberatan Gaji P3K Melalui APBD

Posted by:

Tangerang Jejaknews – Ketua Umum Apeksi, Airin Rachmi Diany mengatakan, mayoritas walikota dan bupati seluruh Indonesia yang tergabung dalam Asosiasi Pemerintahan Kota Seluruh Indonesia (Apeksi) keberatan serta tidak sanggup jika harus membayar atau menggaji pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (P3K) yang diusulkan pemerintahan Presiden Jokowi.

“Hampir sebagian besar anggota Apeksi yang mencapai 98 kota/kabupaten menyatakan keberataan penggunaan anggaran kotanya, untuk penggajian P3K, ” kata Ketua Umum Apeksi, Airin Rachmi Diany yang juga Walikota Tangerang Selatan (Tangsel), Jumat (5/4/2019).

Penolakan atau keberatan rencana pemerintah pusat hasil rapat koordinasi Apeksi beberapa waktu lalu di Semarang yang berharap kegiatan penggajian P3K dilakukan melalui struktur APBN bukan melalui APBD karena tidak semua daerah atau kota mampu membiayai gaji P3K tersebut.

“Tidak semua kota mampu secara pembiayaan penggajian P3K karena tidak semua seberuntung seperti Tangsel,” ujarnya yang menambahkan Kota Tangsel sendiri saat ini memiliki komposisi belanja pegawai d ibawah 30 persen. Sehingga memungkinkan untuk menggaji P3K melalui APBD.

“Komposisi belanja pegawai kita tidak melebihi 30 persen, belanja kita (Tangsel) masih dibawah 30 persen. Kita bisa melakukan itu tapi ada beberapa daerah lain melalui apeksi yang meminta agar daerah yang tidak mampu karena belanja pegawainya sudah banyak. Meminta itu agar dibiayai APBN, maka dari apeksi itu, kita menyampaikan hal seperti itu” imbuh Airin Rachmi Diany.

Melihat banyaknya usulan dan keluhan kaitannpenggajian P3K, pihaknya kini tengah melakukan pendataan salah satunya yang di sampaikan di komisariat wilayah tiga untuk beberapa hal seperti itu agar bagi daerah yang tidak mampu akan disampaikan Kepada Menpan, Kemenkeu sehingga bisa diberikan bantuan, apakah itu DAU, DAK, dana intensif daerah, atau yang bantuan keuangan yang lainnya.

men/mia

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Comments are closed.