Anies Kirim 65 Petugas Untuk Bantu Penanganan Karhutla di Riau

Posted by:

Jakarta Jejaknew3s – Gubernur DKI Jakarta, Anies Rasyid Baswedan, melepas 65 petugas dari beberapa Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) DKI Jakarta yang akan bertugas memberikan bantuan atas musibah kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di Riau.

Pelepasan 65 petugas tersebut dilakukan di lapangan silang Monumen Nasional (Monas), Jakarta, Selasa (17/9/2019).

Menurut Anies, selama berada di lokasi kebakaran para petugas ini akan berada dibawah kendali Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).

“Kita melepas 65 orang yang akan bertugas di lokasi terjadinya kebakaran hutan dan lahan. Mereka ada unsur Pemadam Kebakaran, ada juga unsur Dinas Kesehatan, Penanggulangan Bencana, relawan, ada Dinas Sosial atau Tagana. Mereka ditugaskan berangkat ke sana. Mereka selama di penempatan akan dibawah kendali BNPB,” kata Anies.

Petugas yang dikirim berasal dari Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan sebanyak 25 orang, Dinas Kesehatan sebanyak 10 orang yang akan membuat dua posko, BPBD sebanyak lima orang, Dinas Sosial sebanyak 10 orang, tim relawan Jakarta sebanyak 10 orang, serta tim pendukung sebanyak 5 orang.

“Ini wujud kepedulian masyarakat Jakarta atas musibah kebakaran di Sumatera maupun Kalimantan. Mudah-mudahan asap bisa segera hilang, api segera padam, dan saudara-saudara kita di Sunatera dan Kalimantan bisa menghirup kembali udara segar,” papar Anies.

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan ini menyampaikan bahwa para petugas ini adalah gelombang pertama yang dikirim dan akan berada di titik terjadinya Karhutla selama 10 hari. Namun, tidak menutup kemungkinan akan ada gelombang berikutnya dan lebih dari 10 hari.

“Ini tim pertama yang kita berangkatkan tapi kita siap kirimkan lebih banyak. Kita mulai dulu satu gelombang 65 orang sesudah itu kita lihat kebutuhannya seperti apa. Yang ini kita kirim untuk 10 hari tapi tentu bisa diperpanjang jadi kita bisa kirim tim berikutnya Tapi tiap tim durasi penugasannya 10 hari. Dengan begitu harapannya mereka bisa terjaga kesehatannya,” papar dia.

Orang nomor satu di lingkungan Pemprov DKI Jakarta ini menambahkan, penugasan hanya 10 hari karena dikhawatirkan para petugas akan terjangkit penyakit karena terpapar asap jika terlalu lama. Rencanaya mereka akan diberangkatkan hari ini namun tetap menunggu kesiapan bandara.

“Kemungkinan besar yang pertama ini ke Riau. Kemudian, bukan tidak mungkin sebagian akan dikirim ke Kalimantan Tengah, tapi arahan pertama adalah ke Riau. Nanti bisa dipecah, sebagian ke Riau sebagian ke Kalimantan. Sesudahnya kita bisa kirim lebih banyak lagi. Jambi juga,” tandas Anies.

nsa/iph

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Comments are closed.