Banyak Warga Berburu Angpao, Anies Doakan Pemberinya

Posted by:

Jakarta Jejaknews – Bagi-bagi angpao merupakan salah satu tradisi saat perayaan Tahun Baru Imlek. Tak sedikit yang memburu angpao di vihara saat perayaan pergantiahn tahun dalam tradisi masyarakat Tionghoa tersebut.

Salah satu vihara yang banyak didatangi pemburu angpao adalah Vihara Dharma Bakti di kawasan Petak Sembilan, Jakarta Barat. Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan berharap pemberi angpao dilimpahkan rezekinya setelah memberikan pundi-pundi uang kepada ratusan pemburu angpao di tempat ibadah itu.

“Ya mudah-mudahan rezeki bagi yang memberikan angpao bertambah, dengan berbagi kita mendoakan yang membagi rezekinya malah meningkat dan yang menerima ikut mendoakan sehingga kebahagiaan ada pada semuanya,” ujar Anies di Vihara Dharma Bakti, Jakarta Barat, pada Selasa (5/2/2019).

Sementara itu Ketua Pengurus Yayasan Vihara Dharma Bakti Gunawan Djayaputra mengatakan fenomena berburu angpao bukan hal baru. Menurutnya, hal ini terjadi dari tahun ke tahun pasti.

“Karena dari tahun ke tahun sudah seperti itu, jadi banyak pemburu angpao istilahnya, ini dari berbagai daerah berbagai kota datang ke sini semata-mata hanya untuk mengharapkan adanya orang yang mau memberi angpao. Jadi mereka sudah dari kemarin sampai hari ini sudah ada sekitar 800 sampai 1.000 orang. Mereka nanti akan mendapatkan angpao dari umat yamg ada di sini,” jelas Gunawan.

Ia pun menjelaskan karena tradisi ini sudah ada dari tahun ke tahun, sehingga perburuan angpao ini tidak menyebabkan keributan.

Karena ini dari tahun ke tahun sudah sama jadi rutin dilakukan jadi mereka sudah tahu cara-caranya. Jadi mereka harus duduk tidak boleh berdiri, jadi nanti kalau berdiri menjadi sangat repot. Jadi mereka sudah terlatih dan yang membagikan sudah tau mana yang sudah dapat, mana yang belum dapat. Jadi sudah biasa,” imbuhnya.

Meskipun pembagian angpao selalu berjalan tertib, namun demi menjaga keamanan dan situasi beribadah tetap kondusif serta tidak terganggu, petugas keamanan tetap bersiaga.

Para pemburu angpao pun ditempatkan di sisi kiri pelataran Vihara Dharma Bakti. Mereka secara serempak duduk di pelataran dengan beralaskan koran dan lardus bekas. Menurut Gunawan, para pemburu angpao ini memang diarahkan untuk menunggu hingga jamaah membagikan angpao.

“Jadi jangan sampai dia mengganggu umat yang beribadah di sini. Makanya kita taruh di luar pintu gerbang. Jadi biar tidak saling mengganggu,” pungkasnya.

nia/sur

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Comments are closed.