Bertubuh Sintal Tampak Gemetaran

Posted by:

Jakarta Jejaknews – Operasi Bina Kependudukan (Biduk) oleh Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) DKI Jakarta menjaring 107 penghuni di Apartemen Park View di Kelurahan Kembangan Utara, Jakarta Barat yang ber-KTP daerah. Petugas juga mengamankan satu WNA asal India yang dokumennya tidak lengkap.

“Maaf saya jangan ditangkap tolong,” pinta penghuni WN India kepada petugas yang dipimpin Sekretaris Dinas Dukcapil DKI Jakarta, Edi Supriadi saat operasi Biduk di Apartemen Park View, Kamis (12/4/2018).

Pria bertubuh jangkung itu tidak bisa memperlihatkan kelengkapan dokumennya. Sehingga petugas Imigrasi yang tergabung dalam tim Biduk langsung mengamankan WN India itu.

Di sisi lain petugas gabungan yang terdiri TNI-Polri, Satpol dan Imigrasi menyambangi setiap kamar di setiap lantai yang tersebar di beberapa tower.

Seorang perempuan muda bertubuh sintal semula ketakutan saat membuka pintu kamarnya. Dengan tangan gemetaran, ia memperlihatkan KTP daerah. “Saya baru sebulan di sini ikut saudara,” katanya ketakutan.

Edi Supriadi yang juga Plt Kasudin Dukcapil Jakbar didampingi Kepala Bidang Pengawasan dan Kerjasama Kependudukan (PKK) Disdukcapil DKI Jakarta, Yadi R mengarahkan wanita asal Jogyakarta itu untuk mengurus Surat Keterangan Domisili Sementara (SKDS).

“Biduk bertujuan agar terciptanya tertib administrasi kependudukan dan mengantisipasi pendatang ilegal. Kegiatan ini terus dilakukan menyebar di 8 kecamatan di Jakbar,” kata Edi.

Kabid PKK Disdukcapil DKI, Yadi menambahkan hasil Biduk di apartemen tersebut petugas mendata 393 penghuni, 107 penghuni di antaranya belum memiliki KTP DKI dan langsung mengurus SKDS. Tim gabungan juga memeriksa 11 WNA dan salah satunya WN India tidak dapat menunjukkan kelengkapan dokumennya.

mul/upi

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Comments are closed.