Cemari Udara, Industri Arang Batok di Cilincing Dibongkar

Posted by:

Jakarta Jejaknews – Bikin kotor udara, hingga adanya korban yang terpapar membuat Pemerintah Kota (Pemkot) Jakarta Utara mengambil langkah tegas dengan menutup industri arang batok di sepanjang Jalan Inspeksi Cakung Drain, Cilincing, Kamis (19/9/2019).

Pembongkaran yang dimulai pukul 10:00 WIB tersebut, sempat diwarnai adu mulut pemilik dengan petugas Satpol PP dan Kecamatan Cilincing. Namun, pemilik pun akhirnya patuh terhadap aturan Instruksi Gubernur Nomor 66 Tahun 2019 Tentang Pengendalian Kualitas Udara.

“Kami akan ikut aturan, tapi kesepakatan tawaran diikutkan dalam program Pengembangan Kewirausahaan Terpadu (PKT) dipenuhi. Sehingga dapat menggantikan usaha guna menghidupi 75 pekerja yang ada,” ucap Bahar, satu pemilik industri arang batok.

Camat Cilincing, Muhamad Alwi menerangkan, penertiban industri arang batok kali ini melibatkan 365 personel, yang terdiri dari Satpol PP, Penanganan Sarana dan Prasarana Umum (PPSU), Suku Dinas Lingkungan Hidup, Dinas Perhubungan, hingga TNI-Polri.

“Yang ditertibkan hanya corong asap dan bagian depan lapaknya saja. Karena ini yang dianggap menyebabkan asap membumbung tinggi hingga mencemari udara,” ujarnya.’

Sementara itu, Kasatpol PP Jakarta Utara, Yusuf Madjid menghimbau, pemilik agar tidak melakukan aktivitasnya kembali pasca pembongkaran. Ia pun akan menindak tegas kembali, apabila pemilik nantinya masih nekat beroperasi atau produksi arang batok.

**/umi

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Comments are closed.