Dinsos Kota Bekasi: Yang Terjaring Razia dan Dipulangkan, Ada Saja yang Kembali Lagi

Posted by:

Bekasi Jejaknews – Dinas Sosial Kota Bekasi tak akan pernah bosan melakukan penjangkauan (razia) bagi PMKS (Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial). Meski, diakui seringkali bahwa adanya penertiban dan bahkan pemulangan yang terjaring, ternyata mereka ada yang balik lagi.

“Kita beberapa kali menemui, seorang ibu yang beberapa penertiban dijaring, dan dipulangkan. Ee, saat penertiban terjaring lagi,” kata Slamet, Kepala Bidang Rehabilitasi Sosial Dinas Sosial Kota Bekasi, Kamis (29/8/2019).

Didampingi Kepala Seksi Rehabilitasi Tuna Sosila Dinsos Kota Bekasi, Edi Riyanto, disebutkan Dinas Sosial bekerjasama dengan Satpol PP seringkali melakukan penjangkauan terhadap PMKS. Titik rawan yang sering dijadikan tempat mangkal menjadi pengawasannya.

Mereka yang terjaring kemudian dilakukan pembinaan, dan bahkan sampai ada yang dipulangkan ke kampung halaman. Mereka setelah diberi pembinaan dan pembekalan ketrampilan, dipulangkan ke kampung. Biasanya, Dinsos bekerjsama dengan Dinas Perhubungan untuk mengantarkan ke kota tujuan.

Berbagai penyandang masalah sosial yang dijaring seperti pengemis, pengamen, pemulung, dan da juga wanita Pekerja Seks Komersial (PSK). Mereka umumnya mengakui jika berkeinginan bekerja, namun ketika kalah bersaing kemudian memilih turun ke jalanan.

Pembinaan para PMKS yang terjaring operasi dilakukan di panti sosial atau rumah singgah. Setelah diberikan pengetahuan dan keterampilan sebagai bekal maka dikembalikan ke masyarakat.

Belum lama, petugas sosial Propinsi Jawa Barat melakukan penertiban di sejumlah lokasi perbatasan dengan DKI Jakarta. Penertiban mendadak ini berhasil mengamankan beberapa pengemis dan pengamen.

Sementara, H Ahmad Yani, Kepala Dinas Sosial Kota Bekasi, mengatakan PMKS ini memang seringkali menjadi kendala terkait dengan perkotaan. Karenanya, pihaknya seringkali melakukan pengawasan dan penyisiran terhadap PMKS yang ada di wilayah Kota Bekasi.

eli/gin

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Comments are closed.