DPRD Bentuk Pansus Kawal Pemilihan Wagub DKI Jakarta

Posted by:

Jakarta Jejaknews – DPRD DKI Jakarta mulai membentuk panitia khusus (Pansus) untuk mengawal jalannya pemilihan wakil gubernur DKI Jakarta. Pemilihan wagub ini menyusul pertemuan yang sudah dilakukan oleh DPRD DKI dengan Kementerian Dalam Negeri.

Sempat terjadi perdebatan antara sejumlah anggota dewan yang memilih antara pembuatan pansus atau langsung menyusun tata tertib (tatib) pemilihan.

Anggota Komisi A William Yani meminta agar dibentuk panitia pemilihan (panlih) untuk menentukan tatib.

“Saya kira publik ini sudah bertanya-tanya, sudah enam bulan, kelamaan nih. Nah, kita berharap supaya yang simpel saja, mudah-mudahan pemilihan bisa segera berjalan,” kata Yani dalam rapat di Jakarta, Rabu (13/2).

Sementara Wakil Ketua DPRD DKI Mohamad Taufik meminta agar pemilihan tidak bergantung kepada waktu. Ia meminta pemilihan dilakukan karena atas dasar kompetensi masing-masing calon.

“Ini bukan soal ribet dan cepat, ini kan soal yang benar. Jangan yang simpel, simpel kalau salah nanti digugat, kan susah,” kata Taufik.

Dalam rapat itu turut hadir Direktur Fasilitasi Kepala Daerah dan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Direktorat Jenderal Otonomi Daerah Kementerian Dalam Negeri Budi Santosa. Budi menyatakan pembentukan pansus ataupun panlih adalah kewenangan dari DPRD DKI.

Namun, ia mengingatkan agar pemilihan mengacu pada Undang-undang Nomor 10 Tahun 2016 tentang Pilkada. Dia juga mengingatkan agar dewan memperhatikan kepentingan banyak rakyat Jakarta yang kini tanpa Wagub DKI.

Di akhir rapat, Taufik pun memutuskan untuk membentuk Pansus terlebih dahulu yang nanti akan memilih Panlih. Panlih ini bertugas untuk membuat tata tertib yang digunakan untuk sidang pemilihan Wakil Gubernur DKI.

Diketahui ada dua nama yang sudah diterima oleh DPRD DKI. Mereka ialah Ahmad Syaikhu dan Agung Yulianto. Keduanya sudah melalui proses uji kelayakan yang dilaksanakan oleh Gerindra, PKS dan tenaga ahli.

nsa/iph

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Comments are closed.