DPRD Tak Puas, Mengapa Laskar Merah Putih dan Menwa Dapat Dana Hibah?

Posted by:

Jakarta Jejaknews – DPRD DKI Jakarta belum menyetujui pemberian dana hibah kepada Laskar Merah Putih dan Komando Resimen Mahasiswa (Menwa). Wakil Ketua Komisi A DPRD DKI Jakarta William Yani berkeras meminta Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) untuk menjelaskan terlebih dahulu alasan pemberian dana hibah itu.

“Kami minta laporan tertulis dari Kesbangpol kenapa Menwa dapat Rp 1 miliar dan Laskar Merah Putih dapat Rp 500 juta. Waktu itu sudah ada jawabannya tetapi terlalu normatif,” ujar William dalam rapat banggar di Gedung DPRD DKI Jakarta, Jalan Kebon Sirih, Senin (27/11/2017).

“Apakah harus segitu? Karena kami belum mendapatkan laporan apa yang sudah mereka lakukan sebelumnya,” tambah dia.

Kepala Bakesbangpol DKI Jakarta Darwis Muhammad Aji menjelaskan, alokasi untuk Komando Resimen Mahasiswa berdasarkan pada Surat Keputusan Bersama (SKB) dari Menteri Dalam Negeri, Menteri Pertahanan, Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi, dan Menteri Pemuda dan Olahraga tahun 2014. Isinya tentang pemberdayaan Menwa dalam hal bela negara.

Sementara untuk Laskar Merah Putih, ada MoU atau kesepakatan antara Kementerian Pertahanan dan Laskar Merah Putih. Di samping itu, ada surat perintah dari Kemenhan kepada Pemprov DKI Jakarta agar menganggarkan kegiatan bela negara bagi 1 juta orang sampai tahun 2019. Laskar Merah Putih yang sudah memiliki MoU dengan Kemenhan menjadi organisasi yang dipercaya melakukan kegiatan pelatihan bela negara itu.

“Kami sampai 2017 ini baru 1.000 orang, Pak. Kalau ada ormas lain yang dapat lagi itu silakan kerjasama MoU dengan Kemenhan tentang pendidikan bela negara,” kata Darwis.

Namun, jawaban Darwis belum memuaskan anggota Dewan. William mengatakan tidak masalah jika kedua organisasi itu diberi dana hibah. Namun, dia bertanya mengapa besarannya mencapai Rp 1 miliar untuk Menwa dan RP 500 juta untuk Laskar Merah Putih.

“Itu nominal segitu dasarnya apa? Lalu kenapa hanya lembaga itu saja yang diberikan?” tanya William.

Darwis diminta untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan itu pada rapat banggar besok.

“Siapkan besok ya Pak. Kenapa Menwa dapat Rp 1 miliar, kenapa Laskar Merah Putih dapat Rp 500 juta,” kata William.

Dana hibah untuk dua organisasi itu belum diputuskan. Besok baru diputuskan apakah dua organisasi itu mendapat dana hibah atau tidak.

nsa/iph

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Comments are closed.