Gubernur Anies akan Batasi Kendaraan 10 Tahun, Menhub: Diskusikan Lagi

Posted by:

Jakarta Jejaknews – Perlu kajian yang matang bila Pemprov DKI Jakarta akan menerapkan aturan pembetasan yang berusia 10 tahun.

Hal itu dikatakan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menanggapi wacana yang digaungkan oleh Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan.

“Saya belum bisa mengambil sikap terkait rencana Pemprov DKI Jakarta yang ingin membatasi usia kendaraan pribadi yang melintas di jalanan tidak boleh melebihi 10 tahun,” ujar Menhub. “Harus didiskusikan lebih matang lagi,” tambah Menteri Budi Karya.

Budi Karya mengatakan bahwa Kementerian Perhubungan sendiri sudah membatasi usia kendaraan. Namun, peraturan itu hanya berlaku untuk bus umum dan bus para wisata. Dalam aturan tersebut, usia maksimal bus 25 tahun, sedangkan bus parawisata maksimal 15 tahun.

Dirjen Perhubungan Darat Kemenhub, Budi Setiyadi menambahkan Pemprov harus duduk satu meja dengan Kemenko Perekonomian, Kemenkeu dan Gaikindo menyangkut pembatasan usia kendaraan ini.

Sebelumnya, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengeluarkan instruksi gubernur ( ingub) yang berisi kendaraan pribadi berumur lebih dari 10 tahun dilarang beroperasi pada 2025.

Alasan Aniea mengeluarkan Ingub pada Kamis (1/8/2019) dengan Nomor 66 Tahun 2019 ini, dalam rangka percepatan pengendaliaan udara di Jakarta yang belakangan ini mendapatkan predikat terburuk di dunia lantaran tingkat polusinya sangat tinggi.

boy/try

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Comments are closed.