Jamaah Haji Jabar Seluruhnya Diberangkatkan dari Bandara Soekarno-Hatta

Posted by:

Bekasi Jejaknews – Seluruh calon jamaah haji (Calhaj) Jawa Barat tahun 2019 akan diberangkatkan melalui Bandara Soekarno-Hatta dengan pemberangkatan dari embarkasi Jakarta-Bekasi. Kelompok terbang (Kloter) pertama akan masuk embarkasi pada 6 Juli 2019 dan terbang ke Arab Saudi 7 Juli 2019.

A Buchori, Kepala Kantor Wilayah Kemen terian Agama Provinsi Jawa Barat, mengatakan, pemberangkatan haji belum bisa dilakukan melalui Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati- Majalengka.

“ In ikarena sejumlah persoalan administrasi,” ujarnya usai mendampingi Gubernur Jawa Barat dalama pengukuhan petugas haji Jawa Barat tahun 2019 di embarkasi Jakarta-Bekasi.

Menurutnya banyak persoalan yang harus dirampungkan jika akan menggunakan BIJB Kertajati-Majalengka, “Banyak instansi yang terlibat,” ujarnya.

Dia juga menyebutkan, saat ini, supaya pelayanan haji setiap tahunnya terus membaik. jumlah petugas Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Jawa Barat pada 2019 bertambah menjadi 355 orang dengan rincian 22 unsur pimpinan dan 332 PPIH pembantu.

Menurut Buchori, unsur yang terlibat pada PPIH Embarkasi Jakarta-Bekasi, yakni Kementrian Agama, Kementerian Kesehatan, Kementerian Perhubungan, Kementerian Hukum dan HAM, Pemprov Jawa Barat, Kepolisian Metro Kota Bekasi, dan unsur Pemerintah Kota Bekasi.

“Masa operasional pemberangkatan jemaah haji, tinggal 20 hari lagi. Yaitu tepatnya tanggal 6 Juli 2019, kloter pertama mulai masuk asrama dan diberangkatkan mulai 7 Juli 2019,” katanya.

Buchori mengatakan, jumlah jemaah haji Jawa Barat kali ini mencapai 38.913 jemaah. Selain itu, ada sekisar 285 TPHD, 485 petugas kloter, dan terbagi dalam 97 Kkloter. Sehingga, total keseluruhan yang diberangkatkan dari Jawa Barat sekisar 39.683 orang.

“Sebelum keberangkatan menuju Arab Saudi, seluruh jemaah haji akan dikarantina selama lebih kurang 12-14 jam di asrama haji. Guna memastikan kesiapan jemaah haji, dan hal-hal yang diperlukan oleh jemaah haji,” katanya.

Pada keberangkatan haji 2019, Kanwil Kemenag Jawa Barat melaksanakan pelatihan terintegerasi untuk seluruh petugas haji. Hal itu dilakukan guna meningkatkan sinergi antara petugas kloter dan ketua rombongan.

zur/krl

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Comments are closed.