Kebut Pemilihan Wagub DKI, Senin Depan DPRD Gelar Rapimgab

Posted by:

Jakarta Jejaknews – Pascanama kandidat Wakil Gubernur (Wagub) DKI Jakarta diserahkan oleh Gubernur DKI Jakarta, Anies Rasyid Baswedan kepada Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) DKI Jakarta, proses pemilihan pun akan dikebut oleh anggota Dewan Parlemen Kebon Sirih.

Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta, M Taufik, mengatakan Rapat Pimpinan Gabungan (Rapimgab) akan digelar oleh DPRD DKI pada Senin (27/1/2020) mendatang. Bahkan dia optimis awal Februari 2020 Anies akan memiliki pasangan untuk menjalankan roda pemerintahan Jakarta.

“Rapimgab insyaallah tanggal 27 Januari, Senin. Insyaallah akhir Januari sudah selesai. Iya ada wagub baru,” kata Taufik di Balai Kota DKI Jakarta, Jalan Medan Merdeka Selatan, Gambir, Jakarta Pusat, Rabu (22/1/2020).

Namun demikian, lanjut Ketua DPD Gerindra DKI Jakarta ini, masih ada beberapa proses yang akan dilakukan oleh DPRD DKI. Salah satunya pengesahan tata tertib (tatib) yang telah dihasilkan oleh panitia khusus (pansus).

“Setelah itu, buat panitia pemilih (panlih). Setelah buat panlih, panlih melakukan pemeriksaan administratif terhadap calon, baru ditetapkan Paripurna,” papar Taufik.

Sementara pengesahan tata tertib pemilihan Wagub DKI kemungkinan akan dilaksanakan pada 29 Januari 2020. Kemudian panitia pemilihan akan memeriksa kelengkapan administrasi calon Wagub DKI dengan waktu kurang lebih dua hari.

“Kan ada persyaratannya di dalam tata tertib itu. Akan di-Bamus-kan untuk menetapkan jadwal Paripurna pemilihan. Insyaallah” kata dia.

Seiring dengan proses tersebut, masing-masing partai akan melakukan penjajakan mengenalkan calon kandidatnya kepada semua fraksi DPRD DKI Jakarta. Hal tersebut agar diketahui fisi visi dan latar belakang calon sehingga memudahkan dalam proses pemilihan.

“Mungkin minggu depan sudah mulai keliling-keliling lah (penjajakan). Ya masing-masing lah (Gerindra dan PKS membawa kandidatnya),” tandas Taufik.

PKS dan Gerindra telah sepakat dua nama dari kedua belah pihak sebagai pengusung Anies Baswedan dan Sandiaga Uno dalam Pilgub DKI 2017. Kemudian Gerindra menunjuk Ahmad Riza Patria sedangkan PKS menunjuk Nurmansjah Lubis.

nsa/iph

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Comments are closed.