Layanan Jemput Bola Sudin Dukcapil Diserbu Warga

Posted by:

Jakarta Jejaknews – Ribuan warga menyerbu layanan kependudukan sekaligus penyerahan Kartu Identitas Anak (KIA) yang digelar Suku Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Jakarta Selatan di Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA) Mawar, Lebak Bulus, Cilandak, Jakarta Selatan. Tercatat, sebanyak 1.242 KIA milik warga diserahkan kepada warga.

Kepala Suku Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Jakarta Selatan, Abdul Haris, mengakui pihaknya terus melakukan jemput bola layanan kependudukan. Menurutnya ini dilakukan dengan tujuan agar seluruh masyarakat terutama anak-anak yang belum memiliki identitas agar supaya mengantongi identitas anak karena ini sangat penting.

“Kita gelar bersamaan dengan Gerakan Indonesia Sadar Adminduk (GISA) di RPTRA Mawar. Hasilnya ribuan warga mengurus KIA dalam stan pelayanan yang kami buat di sana. Kami berharap tahun ini seluruh anak yang ada di wilayah dan warga memiliki identitas semuanya,” ujar Abdul Haris, Sabtu (5/10/2019)

Selain pengurusan KIA, pihaknya juga membuka berbagai jenis pelayanan, di antaranya KTP-el, Akta Kelahiran, Akta Kematian, dan berbagai pelayanan terkait administrasi kependudukan lainnya.

Diungkapkan oleh Abdul Haris, pada layanan ini ada total sebanyak 1.377, pelayanan diberikan. Dari jumlah itu diantara permohonan KIA sebanyak 1.242 orang, Akta Kelahiran 40 orang, Akta Kematian 1 orang, KTP-el 19 orang, SuKet satu orang, serta sebanyak 74 orang melakukan konsultasi administrasi kependudukan.

“Penyerahan KIA tersebut untuk melengkapi layanan jemput bola yang telah dilakukan pihaknya di seluruh Sekolah Dasar Negeri (SDN) di wilayah Jakarta Selatan. Tercatat, pihaknya telah mendistribusikan sebanyak 208.000 KIA dari sebanyak 300.000 KIA yang ditargetkan terdistribusi pada tahun 2019,” tambahnya.

Untuk mencapai target, pihaknya secara aktif turun ke sekolah-sekolah untuk mendata anak-anak yang belum punya KIA. “Setelah ambil data dari sekolah, langsung kita cetak dan berikan ke pihak sekolah untuk didistribusikan kepada orangtua siswa,” jelasnya.

awr/rna

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Comments are closed.