Parade Ondel-ondel di Kota Tua, Pengunjung Berebut Ambil Gambar

Posted by:

Jakarta jejaknews – Ribuan warga antusias menyaksikan parade Ondel-Ondel di Plaza Museum Fatahillah, Taman Sari, Jakarta Barat. Event ini memperingati HUT ke-492 DKI Jakarta dan HUT ke-37 Bamus Betawi.

Ondel-ondel dengan aneka warna baju berjalan di kawasan itu. Aneka lagu Betawi terdengar mengiringi.

Warga yang ada di tempat itu tak buang waktu. Mereka beramai-ramai mengabdikan lewat kamera di HP masing-masing. Tak sedikit yang merangsek maju agar bisa mendapat gambar terbaik tanpa terhalang pengunjung lain.

“Ondel-ondelnya banyak banget, warna-warni lagi. Seru,” ujar Novi, warga Pasar Minggu yang datang bersama dua temannya.

Ia mengaku tak tahu bakal ada parade ondel-ondel di tempat itu. “Niatnya mau main mumpung libur sambil cari foto-foto bagus,” katanya. “Ada banyak ondel-ondel begini ya bersyukur banget.”

Plt Deputi Gubernur DKI Jakarta Bidang Budaya, Oswar Muadzin Mungkasa menjelaskan ajang seni budaya tersebut diyakini berkontribusi dalam meningkatkan jalinan komunikasi dan interaksi antar warga. Serta meningkatkan kecintaan terhadap budaya Betawi.

“Kami menyambut baik parade yang digelar hari ini bertepatan dengan libur sekolah sehingga dapat menjadi sarana rekreasi, hiburan edukatif dan atraktif bagi keluarga,” kata Oswar, Minggu (7/7/2019).

Menurut Oswar, ondel ondel merupakan pertunjukan rakyat yang sudah berabad-abad hadir di tengah kehidupan warga Ibukota. Bahkan menjadi simbol identitas budaya Jakarta.

Ketua Bamus Betawi, Abraham Lulung Lunggana, menambahkan ada berbagai kegiatan dalam upaya melestarikan budaya Betawi. “Pelestarian budaya Betawi juga mendapat dukungan penuh Pemprov DKI yang dituangkan dalam Peraturan Gubernur,” pungkasnya.

vvi/rta

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Comments are closed.