Wednesday 8th April 2020

Pemprov DKI Akan Semprot Seluruh Jalan Protokol Jakarta dengan Cairan Disinfektan

Posted by:

Jakarta Jejaknews – Dalam upaya menangani penyebaran virus Corona atau Covid-19, Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta akan melakukan penyemprotan seluruh ruas jalan protokol Ibu Kota dengan cairan disinfektant, pada Minggu (22/3/2020).

Kegiatan ini sesuai surat Nota Dinas Sekretaris Daerah (Sekda) DKI Jakarta nomor 191/-073, tentang rencana penyemprotan disinfektant secara masif di lima wilayah Kota Jakarta.

Sekda DKI Jakarta, Saefullah, mengatakan penyemprotan disinfektant akan digelar serentak di lima wilayah Kota Administrasi DKI Jakarta, pada pukul 08.00 hingga 10.00 WIB. Hal ini dilakukan dalam upaya mencegah penyebaran virus Covid-19.

Penyemprotan akan dilakukan oleh ratusan personel gabungan dari Dinas Kesehatan, Dinas Lingkungan Hidup, Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat), Satpol PP, Dinas Lingkungan Hidup, Dinas Pertamanan dan Hutan Kota, Dinas Perhubungan, PPSU, dan dukungan personel TNI dan Polri.

“Ratusan personel gabungan, dikerahkan untuk melakukan disinfeksi pada sejumlah lokasi dan ruas jalan di Jakarta Pusat, yang kerap dikunjungi publik. Selama berlangsungnya penyemprotan, akan dilakukan penutupan ruas jalan sementara,” kata Saefullah dalam keterangannya, Sabtu (21/3/2020).

Saefullah menjelaskan, selain ruas jalan yang akan difokuskan dalam penyemprotan cairan disinfektant adalah trotoar, jembatan penyeberangan orang (JPO), dan halte. Petugas akan dilengkapi dengan alat pelindung diri (APD) sesuai standar.

Penyemprotan akan dilakukan menggunakan belasan armada roadswepper milik dinas Lingkungan Hidup, dan mobil tangki Dinas Gulkarmat serta Dinas Pertamanan dan Hutan Kota. Alat yang dikerahkan diantaranya,mobil pompa ukuran 4.000 liter dan 10.000 liter, motor pompa, motor URC.

“Petugas Satpol PP dan PPSU akan membantu membersihkan prasarana dan sarana yang sering disentuh publik,” ucap Saefullah.

Sementara petugas Dinas Perhubungan, akan membantu menjaga dan mengatur lalu lintas pada saat penyemprotan agar tidak mengganggu proses penyemprotan.

Penyemprotan cairan disinfektant akan menggunakan obat penyemprot outdoor 10 drum ukuran 60 liter per drum, dan obat penyemprot indoor 20 drum dengan ukuran 60 liter per drum.

nsa/iph

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Comments are closed.