PMI Jakarta Timur Libatkan RW untuk Penanganan Covid-19

Posted by:

Jakarta Jejaknews – Cepat tanggap dalam penanganan virus Corona, Palang Merah Indonesia (PMI) Jakarta Timur, Program Penguatan Respon Covid-19. Dengan melibatkan para Ketua RW, Lurah, dan Camat, agar penanganan wilayah terdampak bisa langsung ditindaklanjuti.

Ketua PMI Jakarta Timur, HR Krisdianto mengatakan, penguatan respon Covid-19 di tingkat masyarakat merupakan program nasional dari International Federation Of Red Cross And Red Crescent Societies (IFRC) melalui Palang Merah Indonesia. Program ini berjalan di beberapa provinsi, diantaranya DKI Jakarta, Jawa Barat, Banten, Jawa Tengah, DI Yogyakarta, Jawa Timur, Bali dan Sulawesi Selatan. “Dan di wilayah Jakarta Timur pun kami juga akan jalankan program penanganan cepat ini,” katanya, Rabu (8/7).

Dikatakan Krisdianto, melalui program ini, nantinya akan dilakukan berbagai upaya untuk menangani warga. Mulai dari melakukan pemantauan wilayah zona merah, membangun dan memperkuat jejaring respon Covid-19 di wilayah dan jejaring komunikasi risiko. “Nanti juga akan dilakukan pengawasan ke rumah-rumah terkait sosialisasi Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS),” ujarnya.

Mantan Walikota Jakarta Timur ini menambahkan, program penguatan respon Covid-19 itu juga bisa dimanfaarkan masyarakat dalam beberapa hal. Mulai dari konsultasi hotline, layanan ambulans, desinfeksi, distribusi layanan bantuan, surveilans berbasis masyarakat dan tele training bagi masyarakat. “Kami berharap program ini juga bisa dimanfaatkan warga dengan baik,” ungkapnya.

Ditahap pertama ini, kata Krisdianto, pihaknya melibatkan 31 ketua RW yang ada di wilayah Jakarta Timur. Harapannya, penanganan cepat atas pandemi Covid-19 ini bisa segera ditindaklanjuti dengan baik. “Ini juga sebagai bentuk pelibatan masyarakat secara intens dan manfaatnya langsung dirasakan oleh masyarakat,” pungkasnya.

mus/nia

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Comments are closed.