Target 130 Ribu, Capaian Vaksinasi Anak di Tangsel Baru 20 Ribu Anak

Posted by:

Tangerang Jejaknews – Pelaksanaan vaksinasi anak usia 12 tahun di Tangerang Selatan, mengalami penundaan, akibat menipisnya stok vaksin yang diperoleh Dinas Kesehatan setempat.

Semula, Dinkes bersama Dinas Pendidikan dan Kebudayaan setempat menjadwalkan pelaksanaan vaksinasi anak hingga 31 Agustus 2021. Namun, karena stok yang terbatas pelaksanaan sejak 16 Agustus ditunda sampai batas waktu yang belum dapat ditentukan.

Kepala Dinas Kesehatan Tangsel, Alin Hendarlin menerangkan, sebab berkurangnya dosis vaksin Covid-19 di Tangsel, pemberian vaksin bagi anak usia 12 sampai 17 tahun ke atas yang telah dijadwalkan hingga 31 Agustus 2021 hanya dapat dilaksanakan sampai 16 Agustus.

“Ditunda sampai vaksin tersedia,” kata Kepala Dinas Kesehatan Tangsel, Alin Hendarlin dikonfirmasi, Jumat (20/8).

Sebelumnya kata Alin, pemberian dosis vaksin bagi anak remaja di Tangsel itu, telah dimulai sejak 14 Juli 2021 lalu. Dari pelaksanaan sejak tanggal tersebut, capaian vaksinasi anak di Tangsel, telah mencapai 20.416 anak untuk dosis satu dan 4007 anak untuk dosis kedua vaksin.

“Berdasarkan data dari komite penanganan Covid-19 dan pemulihan ekonomi nasional (KPCPEN) target sasaran kelompok anak remaja di Tangsel, sebanyak 130.475 dan capaian vaksinasinya sampai 14 Agustus kemarin sebanyak 15,56 persen atau 20.416 anak remaja menerima dosis satu dan 3,07 persen untuk dosis kedua,” terang dia.

Akibat menipisnya stok vaksin yang ada saat ini, pihaknya mengejar target vaksinasi dosis kedua yang akan jatuh tempo.

“Sebenarnya setiap minggu kita dapat (stok) dari Provinsi Banten, setelah dapat kita dari provinsi jumlahnya tidak mencukupi kalau kita main juga di dosis satu. Jadi akhirnya kita mengutamakan dosis 2 dong yang ketahuan jatuh temponya. Jadi vaksinnya tidak kosong, karena jumlah yang ada kita fokuskan dulu di dosis dua dengan begitu terpaksa kita harus pending jadwal-jadwal yang sudah direncanakan,” ucap Alin.

Pihaknya berharap, pekan depan pengiriman stok dosis vaksin dari Provinsi Banten, dapat memenuhi target capaian vaksinasi dalam sepekan berikutnya.

“Mudah-mudahan, Selasa minggu depan kita dapat dosis lagi. Rata rata kita dapat 1.200 vial, kalau segitu hanya 12.000 sudah habis buat dosis dua saja, malah ada satu hari kita pending. Jadi kita sifatnya menerima alokasi, dari Kemenkes ke Provinsi dari Provinsi ke kami,” terang dia.

men/nia

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Comments are closed.