Terowongan Mampang Rabu ini Ujicoba, Penerangan Warna Pink Jadi Pesona

Posted by:

Jakarta Jejaknews – Jalan lintas bawah (underpass) Mampang – Kuningan, Jakarta Selatan, pada Rabu, 11 April 2018 akan dilakukan uji coba. Nantinya dalam pelaksanaannya uji coba di sekitar lokasi akan dilakukan rekayasa lalu lintas oleh Dinas Perhubungan Provinsi DKI Jakarta.

Kepala Dinas Perhubungan Provinsi DKI Jakarta, Andri Yansyah mengatakan, memang lintas bawah atau terowongan Mampang-Kuningan akan dilakukan uji coba. Dalam pelaksanaannya nanti ada beberapa rekayasa lalu lintas yang akan dilakukan selama uji coba underpass Mampang – Kuningan.

“Sejumlah jalan yang akan dilakukan rekayasa lalu lintas itu antara lain, simpang Mampang – Kuningan. Jalan tersebut arus lalu lintas dari arah Utara, Menteng, belok kiri ke arah Pancoran atau Cawang, belok kanan ke arah Semanggi, lurus ke arah Mampang atau dapat menggunakan underpass keluar di offramp tengah, sedangkan lalu lintas yang menerus ke arah Ragunan menggunakan underpass,” terang Andri Yansyah, Selasa (10/4).

Selain itu lalulintas dari arah Selatan yakni Mampang, Ragunan, belok kiri ke arah Semanggi, belok kanan ke arah Pancoran atau Cawang, lurus ke Setiabudi- Menteng, ke arah Mampang putar balik (S-S) di atas underpass. Begitu pula dari arah timur, lalu lintas dari arah Timur, Pancoran atau Cawang, belok kiri ke arah Mampang -Ragunan, belok kanan ke arah Menteng-Setiabudi, ke arah Semanggi melalui flyover, kecuali bus Transjakarta.

Sedangkan, untuk simpang Mampang-Tendean, lalulintas dari arah Selatan menuju Menteng, belok kiri ke arah Blok M, putar balik (S-S) ke arah Warung Buncit-Ragunan, menerus ke arah Setiabudi-Menteng menggunakan underpass.

“Sedangkan, ke arah Pancoran-Cawang masuk underpass keluar di offramp tengah putar balik ke arah Pancoran-Cawang masuk underpass keluar di offramp tengah putar balik ke arah Jalan P Tendean- belok kanan di simpang Mampang-Kuningan,”ujarnya.

Untuk lalu lintas ke arah Utara atau Kuningan belok kiri ke arah Pancoran-Cawang, belok kanan ke arah Blok M, lurus ke arah Warung Buncit-Ragunan. Lalu lintas dari arah Barat atau Jalan P. Tendean Blok M : Belok kiri ke arah Semanggi-Menteng, belok kanan ke arah Warung Buncit-Ragunan ke arah Pancoran-Cawang melalui flyover.

Ada pun untuk dari arah Timur atau Jalan P. Tendean Trans 7 belok kiri ke arah Warung Buncit-Ragunan ke arah Blok M naik flyover, ke arah Semanggi-Menteng putar balik di kolong ke arah simpang Mampang-Kuningan naik flyover ke Semanggi belok kanan ke arah Setiabudi -Menteng.

“Saya berharapkan para pengguna jalan, agar dapat menyesuaikan pengaturan lalu lintas yang ditetapkan. Selain itu mematuhi rambu-rambu lalu lintas yang ada, petunjuk petugas di lapangan, serta mengutamakan keselamatan di jalan,” tambah Andri Yansyah.

Underpass Mampang – Kuningan ini memiliki panjang lintasan sekitar 850 meter. Jalan ini dibuat tujuannya untuk menatasi dampak kemacetan dan sekaligus mengakomodir pergerakan arus lalu lintas dari Utara (Menteng) ke Selatan (Ragunan).

Lampu Warna Pink

Sementara itu Yunus,45, salah seorang pengendara mengaku sangat senang underpass Mampang dibuka. Menurutnya, memang selama ini baik sebelum dibangun maupun pas pembangunan hampir setiap hari kawasan tersebut macet parah.

“Alhamdulillah sudah jadi mudah-mudahan kemacetan tidak akan parah seperti kemarin-kemarin. Nanti pada saat ujicoba kami berharap petugas ditempatkan di lokasi yang banyak jangan sampai macet seperti kejadian kemacetan parah di Underpass, Matraman, Jakarta Timur,”kata Tendean, Mampang Prapatan.

Dia pun senang melihat kondisi terowongan yang tampak menawan, dengan lampu penerangan yang cukup menggoda. “Meski warna pink, namun indah juga. Selama ini belum ada yang penerangan terowongan dengan warna pink. Ini baguslah, warna pink ternyata oke juga,” unagkap Yunus.

rza/nia

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Comments are closed.