Untuk Melindungi Petugas Garda Terdepan, PMI Lakukan Rapid Test

Posted by:

Jakarta Jejaknews – Guna mengamankan mereka yang telah berjuang di barisan terdepan, PMI gelar rapid test bagi ratusan petugas dan relawannya, Selasa (30/6/2020). Seluruhnya diperiksa untuk melihat kondisinya dalam upya memutus mata rantai penyebaran Covid 19.

Ketua PMI Jakarta Timur, HR Krisdianto mengatakan, pemeriksaan yang dilakukan untuk mencegah mereka terpapar. Pasalnya, mereka yang selama ini berjuang dengan melakukan pencegahan rawan terpapar.

“Tugas relawan yang selama ini terjun untuk pelayanan spraying desinfectan, sosialisasi PHBS maupun pemberian bantuan kepada masyarakat, membuat mereka rentan tertular Covid-19,” katanya, Selasa (30/6).

Dan untuk memutus mata rantai, kata Krisdianto, pihaknya meminta dukungan dari Suku Dinas Kesehatan Jakarta Timur untuk menggelar rapid test.

Sebanyak 100 petugas Covid-19 terdiri dari seluruh unsur komponen PMI Jakarta Timur dilakukan pemeriksaan. “Semuanya kami periksa, mulai dari relawan hingga dewan kehormatan PMI,” ujarnya.

Dijelaskan mantan walikota Jakarta Timur ini, prosedur yang digunakan tetap menerapkan social distancing bagi petugas covid yang mengikuti tes. Untuk ditahap awal petugas puskesmas memverifikasi data petugas Covid.

“Selanjutnya pengecekan riwayat penyakit melalui proses wawancara, dan selanjutnya mengambil sampel darah dan terakhir proses penyemprotan desinfectan disaat akan keluar ruangan,” jelasnya.

Dikatakan Krisdianto, penyelenggaraan rapid test untuk relawan sangatlah penting, terutama bagi mereka yang langsung terjun ke lapangan dan menjadi garda terdepan penanggulangan Covid-19.

“Dengan menjalani rapid test kita bisa deteksi dini Covid-19, agar relawan bisa terus melayani masyarakat,” pungkasnya.

dea/mul

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Comments are closed.