Wednesday 8th April 2020

Wabah Corona, Sidang di PN Jakarta Selatan Digelar Online

Posted by:

Jakarta Jejaknews – Di tengah darurat Corona, persidangan di Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Selatan tetap berjalan. Bedanya, sidang digelar secara online.

Kebijakan pemerintah yang meminta pegawai bekerja dari rumah untuk mencegah kian meluasnya penyebaran virus Corona membuat pengadilan berjalan tak biasa. Sidang online menjadi pilihan.

Humas Pengadilan Negeri Jakarta Selata, Ahmad Guntur, menebutkan sidang online juga dilakukan dengan melibatkan hakim, jaksa dan terdakwa. Hanya saja sidang digelar di lokasi terpisah dan terhubung mengunakan video call.

Menurutnya, Selasa (24/3/2020) adalah hari pertama sidang secara onlige digelar. “Berjalan lancar,” ujarnya. “Kami berkoordinasi dengan Kasie Pidum Kejari Jakarta Selatan untuk melaksanakan sidang online. Ini dilakukan untuk yang masa tahanannya yang sudah berjalan lama.”

Ia juga menambahkan ada kasus sidang yang terpaksa ditunda karena alasan Jaksa Penuntut Umum tidak bisa melaksanakan sidang online.

Cara sidang online, ia menunjuk contoh dengan tahanan berada di Rutan Cipinang, jaksa di kantornya Kejaksaan Negeri Jakarta Selatan, dan hakim berada di pengadilan.

Ia menegaskan penerapan sidang secara online ini merupakan upaya social distancing. Diharapkan tahanan tidak perlu dihadirkan ke pengadilan. Pengunjung sidang pun masih bisa menyaksikan sidang online tersebut. Majelis hakim menampilkan proses persidangan online itu di layar ruang sidang utama.

“Untuk sidang perdata sudah ada elitigasi ecourt yang diterpakan di Mahkamah Agung, jadi memang sudah bisa online,” katanya.

eva/isa

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Comments are closed.