Wajah-wajah Cantik Hiasi Terminal Kampung Rambutan

Posted by:

Jakarta Jejaknews – Ada pemandangan berbeda ketika masuk ke dalam terminal bus luar kota Kampung Rambutan, Jakarta Timur. Calon penumpang yang baru tiba, langsung disambut tiga petugas Dinas Perhubungan “cantik” yang siap menyapa para penumpang.

Ketiga petugas wanita yang ada itu, sengaja di siagakan di beberapa titik pintu masuk. Hal itu untuk menambah daya tarik bagi calon penumpang, agar semakin kerasan datang ke terminal menjelang pelaksanaan mudik 2018 ini. Upaya ini baru pertama kali dilakukan dengan harapan seluruh penumpang masuk ke dalam terminal.

Tak hanya untuk menyambut penumpang, seorang petugas “cantik” juga diterjunkan untuk melakukan pengecekan bus. Tak ayal, para awak bus yang ada sesekali melakukan curi-curi pandang untuk melihat kecantikan petugas yang disiagakan Dinas Perhubungan DKI Jakarta ini.

Ukik Yuliana Sari, 20, yang pada pelaksanaan mudik tahun 2018 ini diterjukan di terminal bus Kampung Rambutan. Keramahannya sangat diperlukan untuk menyambut dan melayani calon penumpang yang akan berangkat mudik. Dengan menggunakan atribut lengkap Dinas Perhubungan wanita ini siap melayani penumpang yang ada.

Dikatakan Ukik, pengalamannya itu merupakan yang pertama kali setelah pada tahun ini ia diterima sebagai Pegawai Perjanjian Kerja Waktu Tertentu ( PKWT) Dinas Perhubungan DKI Jakarta. “Seru sih, karena dengan tugas yang dijalankan ini, kita harus benar-benar ramah dalam menghadapi penumpang,” katanya, Rabu (6/6).

Dikatakan Ukik, ia sempat kebingungan bila ada penumpang yang berkomunikasi dengan menggunakan bahasa daerah. Hal itu dinilai cukup menyulitkan untuk memberikan penjelasan terhadap penumpang tersebut. “Makanya kalau ketemu penumpang seperti itu, biasanya saya minta bantuan,” ujarnya.

Dikatakan Ukik, meski sedikit melelahkan, namun ia pekerjaan yang dilakukan memang sudah ia pilih. Terlebih, cuaca Jakarta yang beberapa hari belakangan ini cukup terik, membuat ia harus menyeka keringat sehingga memudarkan bedak yang ada di wajah. “Makanya sering-sering bolak-balik ke kamar mandi, sekalian ngaca lagi,” ungkapnya.

Selain Ukik, ada juga Sunnyva Aulillah, 21, yang terlihat sibuk pada siang itu. Tugasnya sebagai pemberi informasi atas bus yang siap berangkat harus terus disampaikan ke para calon penumpang. “Kadang-kadang tugasnya juga memberi teguran kepada penumpang yang masih bandel merokok,” ujarnya.

Menurutnya, hal yang terkenang ketika bertugas di terminal bus Kampung Rambutan, adalah ketika ia juga ikut dimarahi oleh calon penumpang. Pasalnya, penumpang yang menunggu bus tak kunjung datang, biasanya melampiaskan kekesalannya kepada wanita ini. “Ya kalau sudah marah kita jelaskan permasalahannya. Jangan ikut marah juga, ntar jadi repot,” ungkap Sunny.

Bahkan, kata Sunny, sesekali ia juga ikut membantu petugas dalam pemeriksaan bus. Tak ayal, turun naik bis hingga mencapai 50 kali perhari, harus dilakukan. “Kan semuanya di cek, dalam dan luar bus di periksa. Kursinya, alat pemadam, dan perlengkapan lainnya harus dicatat. Kalau tidak ada laporkan dan bus itu mendapat teguran,” terangnya.

Meski begitu, para wanita ini pun mengaku semangat dengan pekerjaan yang dijalankan. Pasalnya, pada pelaksanaan mudik kali ini, akan banyak pejabat negara yang hadir dan mereka mengaku bisa melihat lebih dekat. “Kemarin saja ada menteri kesehatan sudah datang, belum lagi yang lain. Seneng banget,” pungkas Sunny.

(**)/rta

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Comments are closed.