Amankan Pilkada Serentak 2020, Polri Akan Kerahkan Dua Pertiga Kekuatan

Posted by:

Jakarta Jejaknews – Mabes Polri sedang menyusun pola skema pengamanan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2020 mendatang yang akan diikuti 270 wilayah di Indonesia. Diperkirakan sebanyak dua pertiga kekuatan Polri akan diterjunkan untuk mengamankan pesta politik.

Kadiv Humas Polri Irjen Argo Yuwono mengatakan, Kapolri Jenderal Idham Azis sudah memberikan instruksi kepada jajaranya terkait pengamanan pilkada serentak.

“Pelibatan kekuatan Polri dalam pengamanan pilkada serentak sesuai dengan ketentuan adalah sebanyak dua per tiga kekuatan jumlah personel Polri, saat ini masih digodok,” kata Argo, Selasa (23/6/2020).

Dikatakan, untuk pola pengamanan hingga saat ini pihaknya masih melakukan proses perencanaan pengamanan. Pola tersebut akan mengacu pada potensi kerawanan di daerah tersebut.

“Di samping itu pola pengamanan juga sangat dipengaruhi oleh hasil mapping kerawanan tentang tahapan Pilkada serentak tahun 2020 yang dilakukan oleh kewilayahan, antara lain terkait potensi konflik di daerah tersebut sehubungan dengan pelaksanaan pilkada sebelumnya,” ucap Argo.

Polri sendiri, kata Argo akan mengawasi praktik politik uang, politik identitas, sebaran hoaks, hate speech hingga black campaign. Selain itu juga mengantisipasi secara dini aksi-aksi kejahatan yang bisa saja terjadi saat Pilkada berlangsung pasca dikeluarkannya peraturan KPU nomor 5 tahun 2020.

rza/har

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Comments are closed.