Anies Jadi Inspektur Upacara HUT RI di Pulau Reklamasi

Posted by:

Jakarta Jejaknews – Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menjadi inspektur upacara peringatan Hari Kemerdekaan Indonesia di pulau reklamasi pada hari ini, Sabtu (17/8).

Pantauan CNNIndonesia.com, Anies tiba di lokasi sekitar pukul 07.05 WIB. Anies mengenakan baju dinas berwarna putih. Dia datang didampingi sang istri, Feri Farhaty.

Upacara peringatan Hari Kemerdekaan di pulau reklamasi juga dihadiri aparatur sipil negara (ASN) atau pegawai negeri sipil (PNS) Pemerintah Provinsi DKI Jakarta. Perwakilan dari forum komunikasi pimpinan daerah (forkopomda), ormas dan siswa sekolah juga nampak hadir di lokasi.

Selain itu, Ketua DPRD DKI Jakarta dari fraksi PDI Perjuangan Prasetyo Edi Marsudi juga nampak hadir. Dia nampak duduk di samping Anies sebelum upacara dimulai.

Upacara di pulau D reklamasi dilaksanakan berdasarkan Instruksi Gubernur DKI Jakarta Nomor 71 dan 72 tahun 2019 tentang Pelaksanaan Upacara Peringatan Hari Ulang Tahun ke-74 Kemerdekaan Republik Indonesia Tahun 2019. PNS yang wajib hadir disediakan moda transportasi.

“Peserta upacara disiapkan mobil bus untuk menuju lokasi pelaksanaan upacara Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia Tahun 2019, paling lambat pukul 05.30 WIB,” instruksi Anies dalam peraturan tersebut.

Panggung di sekitar Pantau Maju yang berlokasi di pulau reklamasi juga didirikan.

Panggung tersebut berwarna merah putih berukuran 6×3 meter dengan tinggi sekitar 80 cm. Panggung yang akan menjadi tempat pemimpin upacara itu sedianya akan dibentuk pola letter T. Sebuah podium juga disiapkan.

“Untuk menyimbolkan (reklamasi) kepemilikannya adalah milik negara, bukan pribadi, maka kita adakan upacara di sana sebagai simbol tanah air kita,” kata Anies di DPRD DKI Jakarta, Rabu (14/8).

Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo tidak melarang Anies menggelar upacara peringatan Hari Kemerdekaan Indonesia di pulau reklamasi.

“Tidak masalah selama itu di Indonesia, selama masih di wilayahnya, kecuali kalau membuat upacara di Bogor, nanti kami tanya apa pertimbangannya,” kata Tjahjo saat ditemui di Kantor Kemendagri, Jakarta, Kamis (15/8).

nsa/iph

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Comments are closed.