Arteria Dahlan: KPK Enggak Hebat-hebat Banget

Posted by:

Jakarta Jejaknews – Anggota DPR Fraksi PDI-Perjuangan Arteria Dahlan menyebut Komisi Pemberantas Korupsi (KPK) sebagai lembaga yang tidak terlalu hebat terlepas dari banyaknya operasi tangkap tangan (OTT) yang dilakukan.

Arteria mengatakan lembaga negara yang disebut dalam konstitusi baik di ranah eksekutif, legislatif, dan yudikatif memiliki peran penting. Menurutnya KPK tidak termasuk dalam kategori itu.

“Makanya secara kelas saja, KPK ini di mana. Yang disebutkan semua yang kata KPK (institusi) tidak benar semua,” kata Arteria dalam sebuah diskusi mengenai sepak terjang KPK di Jakarta, Jumat (11/10).

Status kelembagaan KPK sempat menjadi polemik saat DPR membentuk pansus angket KPK beberapa tahun lalu. Publik memperdebatkan apakah KPK bagian dari eksekutif atau legislatif.

Seperti diketahui, Pasal 3 UU KPK berbunyi, KPK adalah lembaga negara yang dalam melaksanakan tugas dan wewenangnya bersifat independen dan bebas dari pengaruh kekuasaan mana pun.

Arteria mengatakan setiap institusi yang tercantum dalam konstitusi kerapkali mendapat tudingan dari komisi antirasuah sebagai lembaga yang tidak benar dan penuh dengan korupsi.

Dia pun dengan tegas mempertanyakan kinerja KPK yang kerap melakukan OTT.

“Tanpa disadari ini serangan langsung kepada konstitusi kita,” imbuh dia.

“Penting mu apa, ternyata KPK lahir tahun 2002, tahun itu perubahan terakhir amandemen konstitusi yang keempat,” tambahnya.

kus/umi

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Comments are closed.