Banjir Setinggi 1,5 Meter Rendam Ratusan Rumah di Cirebon

Posted by:

Cirebon Jejaknews – Hujan deras yang mengguyur Kota Cirebon, Jawa Barat, pada Senin (13/1) malam, membuat sejumlah wilayah dilanda banjir. Terparah di Kelurahan Kalijaga, Kecamatan Harjamukti. Ketinggian airnya mencapai 1,5 meter.

Badan Penanggulan Bencana Daerah (BPBD) Kota Cirebon mengevakuasi sejumlah warga yang terdampak banjir. Dalam keterangan yang diterima, ratusan rumah yang berada di Kelurahan Kalijaga terdampak banjir.

“Di RW 3 ada 151 rumah, kemudian di RW 2 ada 13 rumah yang terdampak. Ketinggiannya sekitar 1,5 meter,” kata Koordinator Pusat Pengendalian Operasi (Pusdalops) BPBD Kota Cirebon Aji Akbar, Selasa (14/1/2020).

Aji mengatakan banjir yang merendam wilayah Kelurahan Kalijaga itu terjadi karena hujan lebat yang mengguyur Cirebon selama tiga jam. Imbasnya, Sungai Cikalong yang berada di Kalijaga meluap. “Surut itu tengah malam. Kita sudah evakuasi semua masyarakat yang terdampak,” ujar Aji.

Hingga kini, petugas gabungan dari TNI, Polri, Satpol PP, PMI dan lainnya masih berjibaku membersihkan lumpur pascabanjir. Wali Kota Cirebon Nashrudin Azis langsung meninjau wilayah terdampak banjir, termasuk saat penanganan pascabanjir.

“Kita serahkan bantuan melalui dinas terkait. Kita salurkan bantuan ke wilayah-wilayah yang terdampak banjir,” kata Azis saat meninjau penanganan pascabanjir di Kelurahan Kalijaga Cirebon.

Azis mengatakan pihaknya mendirikan dapur umum. Sebab, lanjut dia, masyarakat belum bisa melakukan aktivitas secara normal. “Kita hadirkan bantuan dapur umum. Bantuan sementara ini harus kita lakukan,” ucap Azis.

**/asp

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Comments are closed.